Gaya Hidup

Cemilan Berbahan Dasar Oatmeal yang Dijamin Sehat dan Tidak Bikin Gemuk!

Kalo lagi diet, mendengar kata cemilan rasanya menyayat hati, karena di pikiran kita cemilan itu makanan yang nggak sehat dan harus dijauhi ketika lagi diet, huhu sedih rasanya, padahal terkadang kita pengen bisa ngemil walaupun lagi diet. Hmm, kira-kira ada nggak ya, cemilan yang sehat untuk yang lagi diet?

Jawabannya? Ada loh. Dengan cara mengganti bahan dasar cemilan kita dengan yang lebih sehat, contohnya gantilah tepung terigu dengan tepung gandum utuh. Merasa susah cari tepung gandum utuh? Bikin aja cemilan berbahan dasar oatmeal yang mudah ditemukan. Dari sisi kesehatannya, tentu oatmeal yang dihaluskan hingga seperti tepung lebih baik daripada tepung terigu. Nah, tinggal cari tau makanan yang bisa dibuat.

Cemilan dengan bahan dasar oatmeal yang sehat dan simpel

Dikarenakan mimin juga suka ngemil, dan suka oatmeal, ada beberapa resep makanan yang bisa jadi cemilanmu di kala senggang dan tentu aja, sehat,

1.Overnight peanut butter and banana oats

Bisa dipersiapkan di malam hari untuk dimakan di pagi harinya, proses pembuatan cemilan berbahan dasar oatmeal ini sangat mudah dan bisa dibawa kemana-mana.

Bahan overnight oats:
– ½ cup oats (jenisnya terserah)
– ½ cup susu cair/yogurt plain

Bahan toppingnya :
– ½ buah pisang, iris tipis
– 1 sdm selai kacang
– 1 sdt madu
– 1 sdm chia seed

Cara membuat :
– Campurkan di dalam mangkok susu dan oats, campur rata, simpan di lemari es semalaman.
– Paginya masukkan pisang, selai kacang, madu, dan chia seed, tata sesuai keinginanmu.

2.3-Ingredients Oatmeal Cookies

Makanan untuk cemilan berbahan dasar oatmeal ini gampang banget dibuat dan mampu memuaskan keinginanmu makan cookies yang sehat, siapa bilang diet bikin nggak bisa makan cookies favoritmu?

Bahan :
– 1 cup quick oats
– 2 buah pisang yang matang (bisa pake pisang ambon/raja/cavendis)
– Segenggam kismis

Cara membuat :
– Hancurkan pisang dengan garpu, masukkan oatsnya, lalu kismis, inget, jangan kebanyakan ngasih kismis ya, cookiesnya bisa hancur nanti.
– Cetak sebanyak 16 buah cookies di loyang yang udah diolesin, pake scoop es krim atau pake sendok sayur, oven suhu 150 derajat, cemilan berbahan dasar oatmeal ini membutuhkan 15 menit pemanggangan atau sesuai dengan ovenmu, awasi biar nggak over cook.

3.Peanut Butter Oat Squares

Bahan :
– 1 cup peanut butter (selai kacang yang ada di supermarket)
– 3 cup oats (terserah jenisnya, tapi kalo bisa yang rolled-oats)
– ½ cup madu (kalo mau lebih sehat pake yang madu murni)

Cara membuat :
– Sediakan loyang ukuran 22×22 cm, alasi kertas roti atau alumunium foil, bisa juga pake non-stick spray.
– Lelehkan madu dan selai kacangnya hingga cukup lembut untuk dicampurkan dengan oats-nya. Masukkan oats sekitar 2 cup dulu dan campur rata, jika masih terlalu encer, bisa ditambahkan lagi.
– Tuangkan ke dalam loyang, simpan di kulkas sampai beku, lalu potong kotak-kotak. Kalo suka keras, bisa kamu simpan di kulkas, atau biarkan di suhu ruang untuk chewy dan lembut.

Hendak Beli Micro Trike? Perhatikan Hal Penting Dibawah Ini

Apakah anda sering merasa lelah ketika menggendong anak anda pergi ke suatu tempat? Jika demikian maka micro trike bisa menjadi solusi yang terbaik untuk anda. Saat ini penggunaan alat ini sendiri ternyata sudah banyak dicari oleh para orang tua untuk anak mereka. Dengan micro trike inilah, anak anda juga tidak hanya tiduran seperti ketika berada di atas stroller.

Jika dilihat sekilas, anda pasti akan berfikir jika micro trike ini merupakan sebuah sepeda bukan? Tetapi tidak karena alat ini tidak dilengkapi dengan pedal. Dan untuk mengendalikan alat ini sendiri bisa di dorong oleh seseorang dari belakang. Inilah mengapa micro trike ini bisa menjadi solusi yang terbaik buat para orang tua yang ingin mengasuh anak-anak dengan cara yang lebih praktis.

Hal penting sebelum beli micro trike

Keberadaan micro trake sekarang ini sudah bisa anda temukan dengan mudah baik itu di toko offline maupun online. Hal ini bukan tanpa alasan karena semakin banyaknya orang yang tertarik untuk membelikan anak mereka produk ini.

Berbicara soal harganya, micro trike ini mempunyai harga yang cukup bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang anda miliki. Bagi anda yang hendak membeli alat yang satu ini, ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui ketika akan membelinya. Langsung saja, berikut ini yang perlu anda ketahui.

1. Alat ini hanya bisa digunakan 2 jam
Perlu anda ketahui apabila alat micro trike ini ternyata mempunyai maksimal waktu pemakaian loh yakni hanya sekitar 2 jam saja. Hal ini bukan tanpa alasan karena pasti anak anda akan merasa capek dan ngantuk ketika berada di atas alat ini dalam waktu yang lama. Untuk itulah, sebaiknya anda tidak berlebihan di dalam menggunakan alat ini.

2. Tidak semua micro trike berkualitas
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika anda memang bisa menemukan micro trike ini dengan berbagai macam varian harga bukan? Yang perlu anda ketahui adalah tidak semua micro trike yang anda temukan tersebut berkualitas. Untuk itulah sebaiknya para orang tua memperhatikan merk dari alat tersebut.

3. Soal keamanan alat
Berbicara mengenai keamanan dari alat yang satu ini sebenarnya cenderung relative. Agar para orang tua bisa memastikan tingkat keamanan dari anak anda tersebut, sebaiknya anda bisa memperhatikan micro trike yang dilengkapi dengan adanya sabuk pengaman. Dengan begini maka anak anda akan merasa nyaman ketika diatasnya.

Kelebihan dari micro trike

Alat ini sendiri ternyata juga mempunyai sederet kelebihan yang sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa manfaat yang dihadirkan oleh micro trike ini.

1. Praktis
Dibandingkan dengan stroller, alat yang satu ini ternyata jauh lebih praktis loh. Hal ini pun tanpa alasan karena alat ini bisa dilipat sehingga tidak menghabiskan banyak tempat. Selain itu, juga tidak terlalu berat sehingga mudah dibawa kemana-mana.

2. Ada pijakan kaki
Demi membuat anak anda nyaman ketika berada di atas alat ini, maka alat ini pun juga dilengkapi dengan adanya pijakan kaki dengan handle yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan anak.

3. Bisa mendorong dengan enteng
Terakhir, alat ini pun ternyata bisa didorong dengan enteng. Tentu saja ini akan sangat memudahkan anda untuk mendorongnya.

Sebelum para orang tua membeli alat ini untuk anak, ada beberapa hal memang yang perlu anda ketahui. Buat para orang tua, demikian beberapa hal penting sebelum beli micro trike.

Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Kehidupan menjadi Semakin Buruk

Masing-masing orang pasti memiliki kebiasaan sendiri-sendiri yang suka dilakukan, entah itu hal yang kecil atau yang besar. Umumnya, kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari, yakni menonton TV, ngemil, nonton film, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi, kalau kamu membiasakan diri dengan hal yang sehat, tentu kehidupan kamu tidak akan terganggu.

Berbeda kalau kamu menerapkan kebiasaan yang buruk, tentu akan membawa dampak yang negatif untuk kegiatan sehari-hari kamu. Berikut beberapa contohnya.

1. Terlalu lama duduk
Kebiasaan terlalu lama duduk pasti sering dilakukan oleh siapa pun dan di mana saja. Duduk memang membuat kamu mengurangi rasa lelah, tapi kalau dilakukan terlalu berlebihan akan mengundang dampak negatif. Dampak-dampak itu seperti gangguan kesehatan, misalkan diabetes, serangan jantung, obesitas, kurangnya produktivitas, dan sebagainya.

Kamu harus ingat, duduk tidak akan membuat kalori dalam tubuh terbakar, sehingga gampang mengakibatkan obesitas. Kamu yang sudah terlalu lama duduk, sebaiknya berjalan-jalan sebentar atau melakukan peregangan otot agar tidak kaku. Selain itu, kamu perlu melakukan kegiatan yang berat kurang lebih 1 jam setelah kamu terlalu lama duduk.

2. Begadang
Begadang juga termasuk gaya hidup yang tidak sehat tapi masih banyak orang yang melakukannya. Ada alasan-alasan kenapa mereka tidur larut malam, bahkan saat dini hari baru tidur, seperti mengerjakan tugas yang menumpuk, bermain bersama teman, sibuk dengan gawainya, atau menonton TV.

Aktivitas esok hari bisa terganggu kalau kamu tidak tidur di waktu yang sesuai, sekitar jam 10 dan bangun pagi jam 5. Kamu yang tidak membiasakan diri, tentu akan cepat lelah dan ngantuk esoknya saat tengah-tengah berkegiatan. Selain itu, kamu akan gampang terkena penyakit berbahaya, seperti gangguan sistem kelenjar tiroid, jantung, ginjal, dan lainnya.

3. Bekerja lupa waktu
Ketika sudah mulai beranjak dewasa, kehidupan kamu akan lebih fokus dengan pekerjaan. Jadwal yang padat dan tugas yang menumpuk tentu membuat kamu harus ekstra kerja keras agar bisa diselesaikan tepat waktu. Tapi, kamu bukan robot yang bisa bertahan sampai jangka waktu yang sangat lama untuk bekerja. Tubuh manusia harus membutuhkan istirahat agar bisa bekerja dalam kondisi prima.

Kamu yang bekerja sampai lupa waktu akan menyebabkan tubuh terkena berbagai penyakit, seperti hiperteni, pusing berlebihan, depresi, jantung, dan sebagainya. Usahakan kamu luangkan waktu untuk beristirahat agar stamina tetap terjaga.

4. Terlambat makan
Jangan pernah berpikir kalau menunda makan merupakan cara yang sehat untuk menurunkan berat badan. Kamu yang terlambat makan akan mengundang berbagai penyakit pencernaan, seperti maag dan gangguan lambung lainnya.

Lebih baik kamu atur jadwal makanmu dengan teratur agar tidak mengalami penyakit pencernaan yang berbahaya. Jangan lupa imbangi menu makanannya dengan yang sehat dan gizi yang cukup.

Ubah kebiasaan seperti di atas dengan gaya hidup yang lebih sehat. Tubuh akan tetap segar dan semangat menjalani aktivitas.

Dampak Negatif Penggunaan Teknologi yang Berbahaya untuk Kehidupan

Teknologi merupakan media bantuan yang bisa memudakan manusia dalam menjalankan atau mengerjakan sesuatu. Tentu ada banyak perkembangan yang sudah dilakukan oleh ahlinya, sehingga penggunanya bisa lebih puas memakainya. Tapi, meski memberikan dampak yang positif, ada juga dampak negatif yang didapat penggunanya.

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja, tapi juga mempengaruhi kesehatan otak dan organ lainnya, serta mental penggunanya. Karena itu, waspadai dampak-dampaknya di bawah ini.

1. Berita hoax
Berita hoax adalah berita bohong dan tidak terpercaya, bahkan bukan dari pihak tertentu yang membuatnya. Karena adanya berita ini, informasi yang sebelumnya bisa kamu langsung dapatkan dengan terpercaya, harus semakin memilah-milah lagi mana yang benar dan mana yang tidak.

informasi fitnah bisa menjadi media kambing hitam. Kamu yang tidak melihat bukti kebenarannya dulu, akan gampang termakan dan memaki-maki pihak yang dibicarakan. Kamu harus bijak memilih berita agar tidak termakan hoax. Tentu akan sangat malu kalau kamu sudah menyebarluaskannya tapi ternyata berita itu bohong.

2. Lebih penting gadget
Saat berkumpul bersama dengan keluarga atau teman, pasti ada beberapa di antara mereka yang sibuk dengan gadget-nya. Entah itu alasan bosan atau memang lebih penting gadget, tentu membuat ungkapan yang dekat semakin jauh dan yang jauh semakin lebih dekat benar-benar nyata.

Padahal, mereka yang sibuk dengan gadget-nya hanya membuka sosial medianya saja. Mungkin tidak apa-apa kalau sesekali mereka melakukannya. Tapi kalau lama-kelamaan mereka tidak juga melepasnya, tentu membuat siapa pun akan merasa kesal dengan sikap cueknya.

3. Permainan tradisional semakin langka
Saat masih kecil, pernahkah kamu bermain gundu, petak umpet, dan permainan tradisional lainnya? Kalau pernah, berarti masa kecilmu termasuk bahagia. Anak-anak zaman sekarang sudah terpaku dengan gadget, bahkan orang tua dengan cueknya memberikan milik mereka agar mereka bisa diam.

Kalau dibiarkan terus menerus, tentu permainan tradisional akan semakin langka, apalagi beberapa di antaranya sudah ada yang punah karena tidak ada lagi anak-anak yang memainkannya. Mau tidak mau permainan tradisional akan dilupakan dan hanya menjadi kenangan saja.

4. Mengumbar aib
Adanya kemajuan teknologi membuat orang akan gampang mengumbar aib. Dalam hal ini, media sosial menjadi teknologi yang paling sering digunakan untuk menceritakan aib-aib sendiri atau orang lain. Sebenarnya kebiasaan ini sudah berbahaya karena aib yang diumbar pada orang lain, belum tentu mereka memberikan pendapatnya atau solusi.

5. Suka mencaci
Masih berhubungan dengan media sosial. Pengguna di beri kebebasan untuk mengekspresikan apa yang diinginkan tapi, kalau tidak dibatasi dengan benar, maka hal-hal negatif bisa saja dilakukan, seperti mencaci maki orang lain.

Contohnya saja ketika ada pengguna yang salah kata-kata, netizen akan langsung menyerangnya dengan kalimat makian dan hinaan, sehingga membuat penggunanya trauma.

Gunakan dengan bijak teknologi terkini agar kamu tidak terjerumus ke hal-hal negatif. Kamu pengguna sosial media juga harus mengeluarkan konten yang positif agar pengikut kamu senang dengan postingannya.

Kamu Pengguna Transportasi Online? Lakukan Tips Ini agar Perjalanan Aman

Transportasi online menjadi gaya hidup kekinian yang semakin marak digunakan. Dulu kamu hanya bisa menggunakan angkot atau ojek konvesional saja, tapi sekarang, kamu sudah bisa memesannya langsung dari aplikasi yang sudah terinstal di HP kamu. Cukup masuk ke akun dan pilih titik penjemputan serta tujuannya, driver akan datang menjemput dan mengantarkan sesuai tujuan.

Tapi, ada risikonya juga buat pengendara transportasi online. Pembunuhan, pencurian di jalan, atau kecelakaan menjadi masalah yang tidak jarang terjadi akhir-akhir ini. Tidak usah takut. Kalau kamu waspada dan mengikuti tips di bawah ini, perjalanan kamu akan tetap aman.

1. Pilih titik penjemputan yang ramai
Seperti yang diketahui, biasanya penjahat akan melakukan aksinya ketika korban sedang menunggu di tempat yang sepi. Karena itu, kamu harus pilih titik penjemputan di daerah yang ramai atau banyak orang yang lalu lalang. Cari tempat yang gampang driver akses agar tidak mencari kamu lebih lama dan cepat menjemputnya.

Kamu yang memasukan titik penjemputannya dengan tepat, tentu juga akan memudahkan driver tidak usah lagi berputar-putar, sehingga lebih menghemat waktu. Kalau begitu, pelaku kejahatan tidak akan berani menyerang kamu karena lokasinya yang ramai.

2. Kenali rute jalannya
Kalau kamu menggunakan transportasi online, pastikan kamu tahu rute-rute jalan yang dilewati. Sebenarnya tidak jarang terjadi pencurian dan kejahatan lainnya ketika penumpang tiba-tiba di bawa tempat sepi oleh driver-nya. Mereka mengatakan kalau itu jalan pintas dan kamu yang tidak tahu apa-apa hanya mengikuitnya saja.

Nyatanya, driver melakukan aksi kejahatannya di sana. Maka itu, kamu harus tahu rute yang biasanya kamu lewati. Usahakan kamu mengarahkannya ke jalan yang kamu tahu saja. Jangan sampai kamu di bawa ke jalan yang masih asing buang kamu, apalagi daerahnya yang sepi.

3. Pastikan identitas di aplikasi sesuai dengan pengemudinya
Ketika driver kamu sudah sampai di tempat tujuan penjemputan, pastikan identitasnya sesuai dengan yang ada di aplikasi. Mulai dari pengemudinya siapa sampai nomor polisi kendaraannya harus kamu cek benar-benar. Kalau melihat ada yang berbeda, kamu tanyakan saja alasannya. Jika menurut kamu alasannya aneh dan tidak masuk akal, tidak ada salahnya menolaknya.

4. Informasikan ke orang terdekat
Kamu yang menggunakan transportasi online jangan lupa untuk membagikan informasi pengemudinya ke orang terdekat kamu. Mulai dari nama pengemudi, nomor polisi kendaraan, dan sebagainya harus kamu berikan pada mereka. Hal ini bisa menjadi bahan untuk pelacakan kalau tiba-tiba ada kejadian yang tidak diinginkan.

Pastikan juga kamu mengaktifkan panggilan cepat agar saat perasaan kamu mulai tidak tenang, kamu bisa langsung menghubunginya untuk meminta pertolongan.

Dengan tips-tips ini, kamu tentu akan semakin merasa nyaman dalam memakai transportasi online. Meski punya segala kemudahan, tetap saja kamu harus berhati-hati. Selalu waspadai tindakan mencurigakan agar kamu tidak menjadi korban kejahatan.

Pilihan Menu Sarapan Anak Mahasiswa Kost yang Murah Meriah

Sebagai anak mahasiswa, tidak jarang setiap harinya menerima jadwal kelas dan tugas yang padat, sehingga membutuhkan energi yang cukup. Kamu yang masih mahasiswa, bisa mendapatkan energi itu dari sarapan yang kamu santap di pagi hari. Kalau di rumah kamu masih bisa merasakan masakan sarapan buatan keluarga, di kost tentu kamu harus mencarinya sendiri.

Hidup sebagai anak kost dikenal harus minimalis. Ada banyak pengeluaran tidak terduga yang terkadang terjadi. Karena itu, kamu yang mau tetap sarapan tapi budget pas-pasan, berikut rekomendasi sarapan ala anak kost kekinian.

1. Jajanan pasar
Jangan di lihat dari namanya yang mentang-mentang jajanan pasar. Kamu tidak harus membelinya di pasar karena makanan jajanan bisa kamu temukan di mana saja, entah itu di dekat kampus, dekat kost, di sepanjang jalan, atau di kantin. Makanan ini sering menjadi pilihan anak-anak kost pagi hari untuk menghemat pengeluaran makan.

Jajanan pasar termasuk sarapan murah meriah, apalagi ada banyak pilihannya. Mulai dari risol, bolu, lemper, dan masih banyak lagi yang lain. Harganya yang murah meriah tentu membuat kamu bisa membeli banyak macamnya. Jangan melihat dari ukurannya yang minimalis, karena sudah sangat cukup untuk mengganjel perut lapar kamu.

2. Bubur ayam
Bubur selalu menjadi menu andalan anak-anak kost saat pagi hari. Di sekitar kampus atau kost pasti kamu akan menemukan banyak penjual yang menjual bubur ayam. Sebagai makanan yang gampang dicari, tentu kamu bisa cepat sarapan saat perut sudah mulai keroncongan sesaat bangun pagi.

Harganya sendiri terhitung murah, sekitar Rp 5 ribu sampai Rp 12 ribu. Biasanya, kalau mahasiswa sudah kepepet memiliki budget sarapan tinggal Rp 10 ribu, mereka pasti akan memilih harga porsi yang paling murah lalu menambahkannya sendiri dengan sate usus atau sate ati ampela.

3. Soto ayam
Saat pagi hari, soto juga menjadi makanan andalan anak mahasiswa yang tinggal nge-kost. Sama seperti bubur, soto ayam juga gampang ditemukan, sehingga menjadi pertolongan pertama pada perut keroncongan saat bangun tidur.

Kuahnya yang gurih dan hangat, ditambah nasi, akan membuat perut kamu terasa kenyang di pagi hari. Porsinya yang mengenyangkan dan banyak, pas banget buat kamu yang suka menelatkan jam makan pagi yang digabung dengan makan siang.

4. Roti dan susu
Kedua makanan ini sangat pas banget saat mendekati tanggal tua. Uang yang pas-pasan sudah bisa membeli roti yang harganya sangat murah, bahkan bisa disimpan untuk beberapa kali makan. Kemudian tambahan susu juga merupakan minuman yang murah untuk pagi hari kamu.

Beberapa rekomendasi menu makanan anak mahasiswa yang tinggal nge-kost bisa kamu tiru untuk menghemat pengeluaran. Tapi, jangan abaikan gizi seimbangnya. Tidak ada salahnya kamu tambahkan konsumsi buah-buahan agar tubuh tetap sehat, meski sedang di akhir bulan.

Tipe-tipe Pengguna Media Sosial. Kamu Tipe yang Mana Nih?

Salah satu hiburan yang banyak dimanfaatkan oleh generasi kekinian yaitu sosial media. Sebenarnya tidak hanya untuk menghibur diri sendiri, tapi juga bisa menjadi media penghasil uang kalau kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Tapi, dari banyaknya orang yang menggunakannya, tentu ada beberapa tipe pengguna yang bermunculan.

Di Indonesia juga memiliki tipe-tipe orang yang memakai sosial media. Karena banyaknya tipe-tipe itu, tentu sosial media akan semakin seru dan asyik untuk terus diikuti. Kamu tipe yang mana dari beberapa tipe di bawah ini?

1. Selalu update
Media sosial menyediakan fitur khusus yang memperbolehkan penggunanya untuk menyebarkan statusnya ke teman-temannya atau pengikutnya. Tipe ini termasuk yang paling aktif karena setiap saat pasti akan selalu update status, entah itu dalam keadaan senang, kecewa, sedang bermasalah, dan sebagainya pasti akan diposting.

Selain itu, mereka juga cenderung menggunakan sosmed, sehingga susah melepasnya karena sudah menjadi bagian yang penting dan hiburan utama sehari-hari. Buat kamu yang termasuk tipe ini, lebih baik gunakan status yang positif. Kalau bisa yang mengajak orang lain untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif.

2. Hanya mengikuti perkembangan idolanya
Sosial media juga dipakai oleh para selebriti agar para penggemarnya bisa mengikuti perkembangan sehari-harinya. Menjadi cara untuk berkomunikas dengan fans-nya, tidak heran kalau sebagian besar selebriti membuat akun officialnya.

Kamu yang sebagai penggemar seorang selebriti dan mengikuti akunnya, sudah pasti termasuk tipe ini. Kamu bisa mendapatkan hiburan sosmed dari postingan kegiatan yang idola kamu lakukan. Selain itu, sekaligus kamu akan mendapatkan berita-berita terkini mengenai kehidupan profesionalnya mau pun pribadinya.

3. Bisnis online
Sosial media tidak hanya sebagai media hiburan saja, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber uang. Pelaku usaha tidak jarang menggunakan sosmed untuk menyebarluaskan bisnisnya, sehingga semakin berpeluang mendapatkan lebih banyak konsumen.

Sebenarnya sosmed termasuk media yang pas banget untuk alat promosi, karena sebagian besar penduduk dunia sudah memakai sosmed. Bisa jadi kamu bisa berkesempatan mendapatkan pelanggan dari luar negeri.

4. Berbelanja online
Selain ada pelaku usaha, tentu ada pembeli yang membeli barang-barangnya. Tidak hanya memanfaatkan e-commerce saja, tapi juga bisa mencari barang impian di sosial media. Tipe ini hanya menggunakan sosmed untuk berbelanja online saja, karena di nilai banyak akun-akun yang menjual dengan harga yang wajar dan kualitasnya tidak kalah bagus.

Tapi, kamu harus tetap berhati-hati agar kamu tidak tertipu. Tidak jarang terjadi penipuan karena membeli di sosmed. Pasitkan sudah punya banyak barang yang dijual, kontak yang bisa dihubungi, dan pelanggan.

Tipe-tipe di atas sudah sangat biasa ada di Indonesia. Sebaiknya kamu ingat, yang penting kamu menggunakan sosial media hanya untuk kegiatan positif saja agar tidak berdampak pada kehidupan kamu nanti.