Gaya Hidup

Para Pekerja Lepas Harus Tetap Sehat dengan Kiat Ini

Pekerja lepas atau freelance adalah orang yang mendapat pekerjaan yang waktunya tidak terikat dengan jam kantor. Mereka memiliki jam kerja yang ditentukan sendiri. Kalau pekerja kantor bekerja dari jam 8 sampai sam 5, para freelance bisa mengatur waktu mereka bekerja sesuka hati mereka, entah mau kerja jam 11 siang, jam 3 sore, itu terserah mereka.

Buat tempat bekerjanya pun mereka bisa berganti-ganti, jadi tidak harus berada di kantor. Bisa saja mereka mengerjakan pekerjaan mereka di kafe yang itu, lalu besoknya pindah kafe lagi. Kebebasan dalam bekerja inilah yang menjadi minat anak-anak muda kekinian, sehingga banyak yang memilih sebagai pekerja lepas daripada harus kaku di kantor.

Tapi, meski kamu bekerja lepasan, lebih baik kamu juga harus tetap menjaga gaya hidup sehat. Sebenarnya freelance juga rentan terhadap serangan penyakit karena jam kerja yang kurang terkendali, apalagi pola hidupnya tidak beraturan. Karena itu, kamu harus menjaga tubuh tetap sehat dengan kiat-kiat ini.

1. Atur jam kerja dengan benar
Seperti yang sudah sempat di bahas sebelumnya, sebagai pekerja lepas kamu bisa menentukan sendiri jadwal kerjanya sesuka hati. Tapi, alangkah baiknya kalau kamu juga menentukan jam kerja reguler agar kamu bisa membagi waktu dengan baik. Jangan jadikan waktu seharian hanya untuk kerja saja, tapi bagi juga untuk beristirahat dan melakukan aktivitas lainnya.

Sangat penting kamu sadari kalau kamu juga harus membatasi jam kerjanya. Jangan terlalu diforsir hanya untuk bekerja saja, karena tubuh juga perlu istirahat. Tidak ada penataan jam kerja, tentu nanti akan mempengaruhi kualitas gaya hidup kamu dan hasil produktivitasnya juga bisa terpengaruh.

2. Menyusun mana yang lebih penting dulu
Terkadang menjadi pekerja lepas memusingkan. Tidak jarang klien memberikan banyak pekerjaan, sehingga kamu kebingungan sendiri mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Sangat penting kamu menyusun bagian pekerjaan mana yang lebih penting dan harus segera dikumpulkan lebih dulu. Kamu bisa mencatatnya di gadget kamu atau di buku catatan agar tidak terlupa.

Kamu yang menyusunnya dengan rapi akan membuat kamu tergesa-gesa dan pusing sendiri. Bahkan bisa saja ada pekerjaan yang lupa dikerjakan saking kamu buru-burunya. Cara ini membuat kamu tidak akan kerepotan dan gampang mengerjakannya.

3. Berolahraga
Sebagai freelance kamu juga harus meluangkan waktu untuk berolahraga. Kamu yang punya jadwal pekerjaan yang bebas, peluang besar untuk waktu berolahraga tentu semakin gampang. Jadi, manfaatkan kesempatan luangnya untuk melakukan olahraga.

Tidak usah yang mahal-mahal, cukup lari pagi, jogging atau melakukan senam yoga sendiri di rumah juga menjadi olahraga yang baik untuk tubuh. Pastikan kamu melakukannya dengan rutin setiap hari selama kurang lebih 15 menit hingga 30 menit.

Pekerja lepas memang menyenangkan karena kamu tidak akan merasa kaku dengan peraturan kantor. Tapi, karena terlalu bebas, kamu juga harus memperhatikan kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Jangan terlalu memforsir diri kamu dan hindari mengerjakan tugas-tugasnya dengan cara multitasking.