Gaya Hidup Orang Skandinavia yang Terbebas dari Stress

Tahun 2018 lalu, PBB menetapkan beberapa negara yang terbebas dari stress karena gaya hidupnya, termasuk Skandinavia. Rata-rata masyarakatnya bahagia dengan kehidupannya sehingga aktivitas yang dilakukan tidak dijalankan dengan bahagia seperti tanpa ada beban. Itu yang membuat negara dengan jumlah penduduk yang sedikit itu tidak gampang mengalami stress.

Negara yang juga jarang terdengar dengan konfliknya sudah terbukti pada penduduknya yang sangat sejahtera dan kondisi emosi yang selalu beraturan. Di balik kesuksesan bahagianya itu, ada gaya hidup Logom yang mereka terapkan.

Logom adalah suatu perasaan yang cukup dan hidup yang seimbang dengan memakai pikiran yang pas-pasan atau minimalis. Gaya hidup itu yang membuat mereka dikenal sebagai masyarakat yang easy going, tidak suka menuntut, gampang bersyukur, dan lain-lainnya. Kamu yang bebas stress seperti mereka, harus menerapkan gaya hidup Logom ini.

1. Materi tidak usah terlalu dikejar

Banyak orang yang mau memiliki harta yang berlimpah dengan uang yang sangat banyak. Jadi, mereka rela menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja dan mencari cara untuk mendapatkan materi yang berlimpah. Tapi, hal itu tidak berlaku pada masyarakat Skandinavia. Mereka tidak mengejar materi yang sampai berlebihan dan membagi waktunya dengan sangat baik.

Gaya hidup yang minimalis dari mereka membuat kamu sadar akan materi yang tidak selalu membahagiakan kita. Kamu yang capek-capek mengejar materi, belum tentu bahagia setelah berhasil mendapatkannya. Kamu harus memiliki pola pikir yang mencukupi dan menghargai kekurangan dari orang lain.

2. Tidak usah memiliki banyak barang

Menurut penelitian, stress terpengaruh dari banyaknya barang yang kamu miliki. Terlalu punya banyak barang hanya akan membuat kamu stress dan capek untuk mengurusnya. Kamu akan lebih meluangkan waktunya hanya untuk mengurusi barang-barang itu daripada kamu mengurus diri sendiri mau pun lingkungan sekitar kamu.

Lebih baik kamu pilih mana barang yang kamu benar-benar butuhkan dan mana yang tidak penting. Meski kamu bosan dengan desain ruangan yang itu-itu saja, membeli barang baru bukan jawabannya. Cukup ganti tata letaknya saja atau ubah cat dindingnya agar kesannya terlihat berbeda.

3. Konsumsi bahan makanan organik

Kesehatan fisik juga dipengaruhi dari pola makan kita. Orang-orang Skandinavia mengkonsumsi bahan makanan organik yang membuat tubuh mereka tetap terjaga kesehatannya. Makanan itu tidak usah yang melalui proses yang rumit, sehingga gizinya tetap seimbang kamu dapatkan.

Makanan organik membuat kamu semakin sadar dengan proses kehidupan alami yang dilalui oleh hewan-hewan ternaknya. Jadi kamu makan dengan lebih bebas dan tidak akan merasa bersalah.

Selain itu, mereka juga membiasakan diri dengan tidak melakukan kegiatan lain saat makan. Mereka hanya fokus pada kegiatan makannya saja tanpa memperhatikan kegiatan yang lainnya juga, sehingga mereka tidak akan menyisahkan makanan.

Perlu dipertimbangkan gaya hidup sehat Logom dari orang-orang Skandinavia itu. Hidup minimalis membuat kamu tidak akan gampang stress karena sudah mencukupi kehidupan kamu. Sangat cocok kamu terapkan juga pada adik-adik dan anak-anakmu.