Gaya Hidup Kesehatan

Kebiasaan Tidak Sehat yang Memicu Kolesterol Tinggi

Dalam kadar yang normal, kolesterol sangat dibutuhkan tubuh karena menjadi salah satu komponen yang melancarkan fungsi organ tubuh. Tapi, kalau kadarnya menjadi lebih tinggi, malah mendatangkan penyakit-penyakit berbahaya dan mematikan, seperti stroke, hipertensi, diabetes, dan sebagainya.

Kolesterol tidak akan meningkat dengan cepat kalau kamu menjalankan pola hidup sehat yang seimbang. Tapi kamu yang cuek untuk melakukannya, tentu kadar kolesterol akan naik dengan cepat. Gaya hidup yang buruk akan gampang mendatangkan kolesterol yang tinggi, sehingga kamu harus mewaspadainya.

Berikut kebiasan-kebiasaan yang tidak sehat yang bisa mempengaruhi kesehatan kolesterol kamu.

1. Stress
Mungkin belum banyak yang tahu kalau penyebab kolesterol tinggi juga bisa karena stress. Dari penemuan yang dilakukan oleh para ahli, mereka banyak menerima hasil tes penderita kolesterol tinggi yang disebabkan karena stress. Banyak ahli kesehatan menilai kalau terlalu stress akan menimbulkan hormon kortisol yang tinggi, sehingga menyebabkan kadar dalam kolesterol ikut meningkat.

Stress memang susah dilepaskan dari kehidupan seseorang. Siapa pun pasti akan mengalami stress, apalagi tekanan sana-sini yang membuatnya hidupnya menjadi tidak tenang. Tapi, kamu bisa melepaskan stress sejenak dengan melakukan rileksasi tubuh, seperti berolahraga, pergi berlibur, atau curhat ke orang terdekat.

2. Konsumsi alkohol berlebihan
Alkohol adalah penyebab paling umum kolesterol semakin meningkat tajam. Airnya mengandung racun yang bisa mempengaruhi kinerja jantung, pembulih darah, serta hati. Kamu yang sering mengkonsumsi alkohol akan menyebabkan tubuh akan semakin susah membakar kolesterol dan berubah menjadi semakin tinggi.

Ketika sudah semakin meningkat, tentu akan akan sangat berbahaya pada fungsi-fungsi organ yang lain karena sudah terakumulasi dengan darah. Alangkah baiknya kalau kamu mengurangi, atau usahakan untuk berhenti meminumnya demi kesehatan kamu.

3. Skinny fat
Siapa bilang penderita kolesterol hanya menyerang orang-orang yang bertubuh gemuk? Nyatanya orang kurus pun bisa mengalami kolesterol tinggi karena asupan makannya yang tidak terjaga. Mereka yang mau menaikan berat badan tentu mengambil jalan yang tidak sehat dengan mengkonsumsi banyak lemak, sehingga memicu kolesterol jahat semakin naik.

Orang yang bertubuh skinny fat biasanya menjalani pola makan yang tidak teratur dan lebih sembarangan, bahkan lebih buruk dari orang-orang yang menderita obesitas. Karena itu, kamu jangan meremehkan teman-teman yang punya tubuh kurus, apalagi mereka rentan terhadap penyakit berbahaya.

4. Kebiasaan makan tidak baik
Kolesterol cepat naik karena kamu memiliki kebiasaan makan yang tidak baik. Kamu yang suka makan daging merah, jeroan, seafood, khususnya udang dan cumi, gorengan, dan masih banyak lagi, tentu membuat kolesterol jahat akan cepat meningkat.

Alangkah baiknya kalau kamu mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti ikan yang kaya akan asam lemak Omega 3, alpukat yang mengandung lemak jenuh, telur, dan sayuran hijau. Jangan kamu olah dengan cara menggorengnya karena kandungan minyaknya yang membuat kolesterol juga ikut meningkat.

Cegah kolesterol tinggi dengan membiasakan diri dengan gaya hidup sehat. Jangan kamu buang-buang waktu kamu dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Sesekali boleh kamu mengkonsumsinya tapi jangan terlalu sering.