Menu

Tips Belanja Cerdas di Mall yang Harus Kamu Tahu

Buat orang-orang yang suka ke mall, tidak jarang mereka tiba-tiba kalap menghabiskan uangnya karena berbelanja adalah hal yang menyenangkan untuk mereka. Tapi, kalau terlalu sering berbelanja di sana, tentu uang tabungan kamu cepat habis, apalagi harga-harga barang di mall mahal-mahal.

Kamu harus membiasakan diri untuk mengontrol keuangan kamu agar tidak kalap saat bermain-main di mall. Perlu kamu lakukan belanja cerdas seperti di bawah ini untuk menahan sifat belanja kamu.

1.Tulis barang yang dibutuhkan
Saat kamu sedang di mall, tentu kamu akan melihat banyak toko-toko di sebelah kanan-kiri kamu. Pada awalnya kamu hanya melihat-lihat saja. Tapi lama kelamaan mata kamu akan semakin tergiur, apalagi melihat harganya yang sudah diskon-diskon. Tidak usah pakai lama, pasti kamu langsung membelinya tanpa pikir panjang.

Padahal, kamu perlu membuat dulu catatan untuk barang-barang yang kamu butuhkan saja. Cari saja apa yang kurang dari kebutuhan kamu sehari-hari dan yang selalu dipakai setiap saat. Jangan membeli yang jarang digunakan, bahkan sering menjadi pajangan saja. Cara bijak berbelanja ini tentu akan membuat kamu semakin hemat dan terhindar dari kalap mata.

2.Sesuaikan budget
Sebelum berbelanja di mall, kamu harus memastikan dulu apakah kamu punya anggaran yang cukup atau tidak. Kondisi keuangan sangat penting kamu perhatikan agar kamu tidak sampai kehabisan saat di tengah-tengah bulan. Meski kamu mau barang yang sudah benar-benar dibutuhkan, tetap saja kamu juga harus mempertimbangkan kondisi finansialnya.

Kalau memang masih terlalu pas-pasan, alangkah baiknya kalau kamu menunda dulu barang-barang yang lain dan prioritaskan barang penting itu. Dengan cara ini, kamu tidak akan menyia-nyiakan uangmu dengan percuma karena sudah mempertimbangkan harganya.

3.Cari diskon
Diskon adalah cara terbaik untuk membeli harga murah. Tidak jarang toko-toko di mall sudah mempersiapkan diskon khusus untuk para pelanggannya di waktu-waktu tertentu. Biar kamu tidak ketinggalan diskonnya, alangkah baiknya kalau kamu mencari informasi diskonnya di website resminya.

Kalau tidak, bisa cek akun sosial medianya buat toko yang punya akun sendiri. Cara ini jauh lebih gampang daripada kamu harus sengaja datang ke mall untuk bertanya ke tokonya. Tentu membuang-buang waktu kamu. Pastikan cara cerdas ini kamu lakukan agar tidak ketinggalan diskon menarik/

4.Belanja sendiri
Saat pergi ke mall, pasti tidak jarang kamu ditemani oleh teman-teman kamu agar semakin ramai dan seru. Padahal, membawa orang lain saat berbelanja membuat kamu bisa boros secara tiba-tiba. Awalnya kamu tidak mau membeli barang yang mereka beli, tapi karena ajakan mereka dan kamu tergiur dengan penawarannya, kamu dengan cepat akan ikut membelinya. Jadikan lebih baik kalau kamu pergi belanja sendiri.

Sudah tahu, kan belanja cerdas di mall? Tidak ada kata boros lagi buat tabungan bulanan kamu. Biasakan diri untuk tidak kalap mata, apalagi buat kamu yang uangnya pas-pasan. Lebih baik kamu tabung untuk kebutuhan yang benar-benar di perlukan saja.