Menu

Kebiasaan Hedonisme Bisa Kamu Hilangkan dengan Cara Ini

Di zaman sekarang, perilaku manusia mulai gampang berubah-ubah karena terpengaruh dari faktor-faktor tertentu, entah itu pergaulan, budaya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Belakangan ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi yang namanya perilaku hedonisme yang sudah menjadi gaya hidup kekinian di masyarakat perkotaan.

Kebiasaan itu sebenarnya bukanlah hal yang positif karena seseorang yang hedon tidak bisa mengendalikan dirinya untuk berbelanja atau bersenang-senang. Mereka rela membayar berapa pun, yang penting mereka senang tanpa memperdulikan orang lain.

Buat kamu yang sudah terlanjut hedon menjadi kebiasaan buruk kamu, sebaiknya kamu ikuti cara-cara di bawah ini agar bisa dihilangkan.

1.Tingkatkan kesadaran
Sebelum kamu terlalu jauh membiasakan diri menjadi seseorang yang hedon, lebih baik kamu sadarkan diri dulu dan ubah pola pikir kamu. Kamu harus sadar di mana kamu tinggal, bagaimana kehidupanmu selama ini, apakah semuanya sudah mencukupi atau masih berkurangan, dan sebagainya. Coba kamu renungkan dulu hal-hal itu agar kamu tidak menjadi seorang yang hedonisme parah.

Jangan biarkan sifat hedonisme menarik diri kamu untuk terpengaruh. Akibatkan akan ada banyak dampak negatif yang bisa kamu dapatkan dalam hidupmu ke depannya. Dengan meningkatkan kesadaran dalam diri sendiri, tentu kamu akan semakin gampang mengarahkan diri ke arah yang lebih baik dan tertata.

2.Sukses tidak didapat dari senang-senang
Jangan anggap apa yang membuat kamu sukses bisa didapat secara instan dan hanya bersenang-senang saja. Butuh proses yang tidak sebentar, niat, serta kerja keras agar kamu bisa meraih kesuksesan. Kalau kamu menilai dalam menikmati kehidupan kamu harus terus senang-senang, itu salah. Bersenang-senang memang bisa menenangkan pikiran dan menurunkan stress tapi ingat kalau kesenangan itu hanya bersifat sementara.

Masa muda adalah masa yang cukup rentan terhadap hal yang sifatnya senang-senang. Sebagian dari mereka banyak yang menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang saja, sehingga tidak siap menghadapi masalah di depannya. Biasakan diri untuk menghadapi masalah dengan tidak mengikuti orang-orang yang bersifat hedon.

3.Perhatikan orang-orang yang tidak beruntung
Tidak semua orang memiliki nasib yang baik. Ada yang tinggal di pinggir jalan, hidupnya hanya meminta-minta dari orang lain, dan sebagainya. Kamu yang masih beruntung memiliki tempat tinggal dan hidupnya serba berkecukupan, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan orang-orang yang tidak beruntung. Manfaatkan saja sifat hedon kamu untuk membagikannya ke orang yang lebih membutuhkan.

Kamu tidak akan boros untuk kepentingan dirimu sendiri, tapi juga kebutuhan orang lain. Dengan cara ini, kamu bisa belajar artinya bersyukur dalam kehidupan sehari-hari. Jangan berpikir untuk selalu hidup serba berlebihan tanpa melihat orang di bawah kamu. Jadikan peluang kamu yang sudah mencukupi menjadi inspirasi untuk mereka dan bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Sifat hedonisme memang bisa membawa dampak yang buruk buat kebiasaan kamu. Pastikan kamu selalu bersyukur dan membagikan apa yang kamu miliki dengan orang lain. Dengan terbiasa melakukannya, kamu tidak akan hedon lagi dan hidup lebih baik.