Gaya Hidup

Penderita Diabetes Sebaiknya Terapkan Gaya Hidup Sehat Ini

Diabetes adalah termasuk penyakit yang sangat berbahaya dan umum sekali terjadi, entah itu di kalangan anak-anak muda atau pun orang dewasa. Ketika keadaan sudah semakin parah, akan ada banyak komplikasi yang terjadi, seperti serangan jantung, gagal ginjal, stroke, sampai kerusakan mata. Karena itu, sebagai penderita diabetes, mengubah gaya hidup adalah hal yang sangat penting.

Diabetes tidak hanya berasal dari faktor keturunan atau resistensi insulin saja, tapi juga pola hidup yang sembarangan yang memicunya semakin bertambah parah. Mesk susah dilakukan, tapi kamu harus tetap melakukannya dan yakin pasti bisa menerapkannya sehari-hari. Gaya hidup sehat yang mesti dilakukan sebagai penderita diabetes sebagai berikut.

1. Konsumsi makanan sehat
Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan atau minuman. Salah mengkonsumsinya, maka akan semakin gampang mempengaruhi gula darahnya. Mengkonsumsi makanan yang sehat adalah cara yang utama untuk membiasakan diri untuk hidup sehat.

Konsumsi banyak sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian dengan jumlah yang cukup. Kamu yang suka susu dan daging, sebaiknya pilih yang rendah lemak. Sekarang sudah banyak produk susu dan daging yang dijual tanpa lemak, jadi kamu bisa mengkonsumsinya dengan aman.

Selain itu, kamu masih boleh mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat, tapi tetap sadar akan pembatasannya. Terlalu banyak menerima asupan karbo, tubuh kamu akan menerima banyak gula, sehingga kadar gula akan cepat meningkat. Kamu yang masih bingung mengatur karbonya, bisa konsultasi dengan dokter kamu dulu.

2. Olahraga rutin
Kamu yang malas berolahraga harus mulai membiasakan diri untuk rajin olahraga. Tidak harus ikut nge-gym atau melakukan olahraga yang berat-berat. Cukup lakukan jalan santai, bersepeda, atau jogging saja di sekitar rumah kamu. Jangan lupa, lakukan secara rutin selama 30 menit setiap harinya. Waktu yang paling pas untuk berolahraga yaitu saat pagi hari atau sore hari.

Gaya hidup sehat ini sangat ampuh menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Kamu pun bisa menurunkan peluang dari penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung.

3. Kelola stress
Kamu pasti sudah tahu kalau stress akan menyebabkan kadar gula darah cepat naik. Saat keadaan kamu sedang cemas pun pasti diabetes kamu tidak bisa terkontrol dengan baik. Karena itu, usahakan kamu jangan terlalu stress dan tetap kendalikan emosi kamu.

Cara terbaiknya yaitu dengan mendengarkan lagu favorit, berolahraga, atau hal-hal positif lainnya yang kamu suka. Buat tubuh kamu rileks agar rasa tidak nyaman karena stress semakin berkurang.

4. Kurangi merokok
Mengurangi merokok adalah cara yang tepat menurunkan diabetes. Kamu yang masih tetap merokok meski diabetes kamu sudah parah, tentu akan gampang mengundang penyakit-penyakit lainnya, seperti penyakit ginjal, kerusakan saraf, penyakit mata, dan sebagainya. Sibukan diri kamu dengan melakukan kegiatan positif atau setidaknya nyemil sehat.

Jangan nyemil makanan yang mengandung banyak karbo, seperti keripik, chiki, dan lainnya. Ganti cemilan kamu dengan biji-bijian yang sehat atau membuat smoothie.

Memang membutuhkan banyak waktu buat kamu yang mau menerapkan gaya hidup sehat untuk menyembuhkan diabetes. Akan ada banyak halangan dan godaan yang akan kamu dapatkan, seperti ajakan teman untuk merokok atau makan makanan cepat saji. Tapi, kamu juga harus punya niat untuk memakai gaya hidup sehat. Jangan gampang tergoda dengan ajakan-ajakan yang membuat kamu semakin parah kesehatannya.