Menu

Kiat Aman dan Nyaman Mudik Lebaran Memakai Kendaraan Umum

Menjelang Lebaran, sebagian orang Indonesia pasti akan pulang kampung ke tanah kelahirannya untuk berkumpul dan merayakan Hari Kemenangan bersama dengan keluarga besar. Pulang kampung atau mudik adalah tradisi orang-orang Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Mereka yang merantau jauh dari keluarga pasti rindu dan ingin merasakan momen Lebaran bersama dengan keluarganya.

Banyak kendaraan yang bisa kamu pakai saat mudik, seperti mobil, motor, atau kendaraan umum. Berbagai jenis kendaraan umum, yakni pesawat, kereta, bus, hingga kapal biasanya sudah disediakan kapasitas lebih agar orang-orang yang belum kebagian tiket, masih bisa berpeluang mendapatkannya.

Buat kamu yang mudik memakai kendaraan umu, pastikan kamu mengikuti kiat-kiat di bawah ini agar perjalanan nyaman dan aman sampai tujuan.

1. Tentukan jadwal keberangkatan
Menjelang Lebaran, tentu kamu harus bersiap-siap berebut tiket dengan orang lainnya. Karena itu, kamu harus memastikan dulu kapan kamu mau berangkat mudik. Tentukan jadwalnya dari awal agar saat memesan tiket kamu tidak kelamaan berpikir tanggalnya. Telalu lama berpikir bisa-bisa membuat kamu sudah kehabisan tiket.

2. Pesan dari jauh-jauh hari
Kamu yang berencana memakai kendaraan umum harus memesan tiketnya dari jauh-jauh hari agar berpeluang mendapatkan tiket, apalagi kamu yang mau memesan tiket dalam jumlah yang banyak. Biasanya jasa transportasi umum membuka loket pemesanan tiket, entah itu online atau langsung 3 bulan sebelum Lebaran.

Gunakan kesempatan hari awal-awal pembukaan untuk memesan tiket yang kamu mau. Mungkin kamu akan susah mendapatkannya kalau tidak dilakukan dengan cepat. Kamu yang pesan melalui online, pastikan internetnya lancar tanpa gangguan. Sedangkan yang pesan langsung di loketnya harus datang pagi-pagi agar kesempatan mendapatkan tiket lebih besar.

3. Beli tiket di agen atau vendor resmi
Ada banyak cara kamu bisa membeli tiket untuk mudik, entah itu melalui agen atau dari vendor online. Tapi, kamu jangan asal pilih tempat pembeliannya karena sudah banyak penipuan yang memberikan harga mahal, tapi tidak sampai di tujuan, bahkan pelayanannya berantakan.

Karena itu, kamu harus memastikan lagi agen atau vendor online yang dipakai harus bersifat resmi atau tidak abal-abal. Kamu bisa meminta rekomendasi dari keluarga atau teman yang sudah pernah memesan tiketnya. Jadi, kamu akan terhindar dari penggunaan agen mau pun vendor online penipu.

4. Bawa barang yang dibutuhkan saja
Saat naik kendaraan umum, kamu tidak usah membawa banyak barang. Cukup yang benar-benar kamu butuhkan saja. Pakaian, snack, obat-obatan, dan air minum adalah hal yang harus kamu prioritaskan. Jangan membawa banyak pakaian karena hanya akan merepotkan beban bawaanmu saja. Tentu akan memenuhi bagasi, sehingga orang lain tidak kebagian.

Mudik dengan nyaman dan aman tentu akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Yang perlu kamu persiapkan lainnya adalah kesehatanmu. Tetap jasa kondisi selama Lebaran agar acaranya berjalan lancar dan momen berkumpul bersama keluarga tidak terlupakan.