Menu

Mau Hidup Panjang Umur? Gunakan Resep Ikigai dari Okinawa

Kebanyakan orang mau panjang umur tapi tidak tahu bagaimana caranya. Sebenarnya banyak aktivitas yang membuat kita panjang umur, seperti olahraga rutin, mengkonsumsi makanan sehat, atau menerapkan gaya hidup sehat lainnya. Tapi, kalau kamu mau mencoba cara yang berbeda, sepertinya kamu perlu meniru konsep dari orang-orang Okinawa, Jepang, yaitu Ikigai.

Ikigai merupakan kebahagiaan yang kamu dapatkan dari kegiatan sehari-hari, sehingga arti dan tujuan hidup menjadi lebih jelas serta cerah. Filosofi yang dimilikinya ternyata banyak dijalankan oleh masyarakat Okinawa. Jadi tidak heran kalau di sana sebagian besar penduduknya memiliki umur yang panjang, bahkan terkenal sebagai daerah yang berusia harapan hidup yang paling tinggi dari seluruh dunia.

Misalkan di salah satu desa di Okinawa, Ogami. Desa itu memiliki populasi sekitar 3.000 jiwa dan tercatat sebagai desa usia harapan yang paling tinggi dari seluruh dunia. Mereka bisa mencapai usia yang panjang karena mereka terbiasa dengan kehidupan yang tidak terburu-buru, terbiasa melihat pemandangan laut, sering berkumpul bersama teman atau keluarga, punya kebun sendiri di rumah, bercanda, dan sebagainya.

Berkat kegiatan yang mereka lakukan itu, mereka jarang sekali mengalami penyakit kronis, bahkan seperti jantung atau kanker hampir tidak selalu terjadi. Dari kebiasaan itu, sudah terbukti kalau diet sehat, rajin berolahraga, melakukan kegiatan di luar rumah, dan punya banyak teman merupakan perpaduan yang sangat pas dan menjadi faktor-faktor penting dalam meningkatkan usia harapan hidupnya.

Tapi, dengan mengkombinasikannya juga dengan ikigai di mana konsepnya memiliki tujuan, hobi, visi, arti hidup, dan keinginan yang ada di 1 kelompok, tentu kehidupan kamu bisa semakin sempurna dan sehat. Ada 4 pertanyaan yang bisa kamu terapkan untuk menjalankan ikigai, yaitu:

1.Hal apa yang kamu suka?
2.Kamu punya keahlian apa?
3.Apakah kamu bisa mendapatkan gaji dari keahlian itu?
4.Apa yang dibutuhkan oleh dunia saat ini?

Kamu yang berhasil menjawab semua pertanyaan itu, berarti kamu sudah menemukan gaya hidup ikigai. Mungkin pada awalnya kamu susah menemukan jawabannya, karena ikigai sendiri memang tidak cukup dilakukan dengan 1 cara saja, apalagi jawaban-jawaban dari pertanyaan itu tidak sesuai dengan orang lainnya.

Mulai saja dari hal-hal yang kecil dan tidak usah tergesa-gesa melakukannya. Walau kamu nanti tidak bisa mencapai 100 tahun, setidaknya kamu sudah pernah melakukan kegiatan yang membuat kamu bahagia dan sibuk melakukannya. Intinya, bila hidup kamu punya tujuan, maka peluang harapan hidup kamu akan semakin tinggi.

Sebenarnya tidak hanya istilah ikigai saja yang diterapkan oleh masyarakat Okinawa, tapi masih ada hara hachi bu. Maksudnya adalah kamu berhenti makan tidak sampai benar-benar kenyang, sekitar 80% kamu perlu berhenti. Cara itu bisa kamu lakukan dengan makan memakai piring kecil, mengurangi porsi makan, dan sebagainya.

Karena sudah terbukti keampuhan gaya hidup orang-orang Okinawa, maka kamu juga harus menjalaninya. Gunakan caranya agar kamu bisa berumur panjang sesuai yang diharapkan. Dari apa yang mereka lakukan, menandakan kalau panjang umur masih bisa diusahakan dari hal yang sederhana.