Menu

Kamu Pekerja Kantoran? Terapkan Kebiasaan Sehat Ini agar Tetap Bersemangat

Buat kamu pekerja kantoran, duduk bekerja selama kurang lebih 6 hingga 8 jam sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Belum lagi buat kamu yang berangkat dan pulang memakai mobil, motor, mau pun kereta yang harus duduk setiap saat. Gaya hidup seperti kalau kamu tidak dikombinasikan dengan olahraga yang rutin, tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tubuh yang terlalu lama di bawa duduk membuat metabolisme semakin melambat, cepat mengalami gangguan otot bagian belakang, kadar kolesterol mudah naik, gampang kegemukan, dan sebagainya. Yang lebih mengejutkan lagi adalah resiko kematian menjadi lebih meningkat sekitar 50%, apalagi ditambah penyakit-penyakit lainnya.

Kamu yang mau tetap sehat meski bekerja di kantoran, lebih baik kamu mulai menerapkan gaya hidup sehat. Tidak usah mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya, karena dari cara-cara di bawah ini, kamu bisa memulainya dari hal yang kecil.

1. Minum air putih
Kebanyakan orang biasanya mengkonsumi minuman manis setelah selesai makan. Itu yang membuat kolesterol semakin cepat bertambah, terutama mereka yang menderita diabetes. Mulailah membiasakan diri dengan mengkonsumsi air putih yang jauh lebih sehat.

Bawalah selalu botol minum ke mana pun kamu pergi agar saat di jalan kamu tidak kekurangan air putih yang mengakibatkan dehidrasi. Keunggulan dari air putih sangat banyak, seperti memiliki kandungan 0 kalori, membuat kamu terasa lebih kenyang, sehingga cocok menjadi diet sehat yang seimbang, menjaga otak dan organ tubuh tetap terdehidrasi.

2. Jangan sering duduk, bergeraklah
Kalau pekerjaan kamu dituntut untuk selalu duduk, sesekali kamu juga harus bergerak atau berdiri. Jangan sampai kamu benar-benar seharian duduk saja. Meski kamu sedang sibuk, sempatkan waktu kamu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat kamu bergerak.

Kamu yang biasa menggunakan telepon untuk bekerja, sebaiknya lakukan sambil berdiri, lalu biasakan juga memakai tangga daripada lift agar otot kaki terus mengalami pergerakan. Selain itu, lakukan peregangan otot selama kurang lebih 2 menit setiap jamnya. Dan yang terakhir adalah beristirahatlah di setiap kesempatan.

3. Konsumsi makanan sehat
Kamu yang bekerja kantoran juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Gaya hidup ini memang susah dilakukan oleh sebagian orang, karena sudah terbiasa sering mengkonsumsi makanan yang banyak kalori, lemak, mau pun gula. Bahan-bahan yang tidak sehat itu tentu akan membuat kamu semakin gampang terkena penyakit-penyakit berbahaya, seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lainnya.

Misalkan kamu suka permen, ganti saja dengan buah-buah yang manis, seperti apel, pir, semangka, dan sebagainya. Lalu, sebagai menu sarapan, lebih baik kamu konsumsi oat, sereal, atau telur sebagai pengganti donat.

Banyak cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk tetap sehat sebagai orang kantoran. Buat kamu yang merokok, sebaiknya kurangi saja dan biasakan untuk menyibukan diri agar tidak selalu merokok. Meski jadwal kamu yang padat, kamu masih bisa merasakan tubuh yang sehat dan bersemangat.