Kiat Menghemat Listrik agar Biaya Tagihan Tidak Bengkak

Pemakaian listrik tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Hampir seluruh peralatan elektronik di rumah menggunakan listrik agar bisa berfungsi dengan baik. Kulkas, mesin cuci, AC, kipas, dan lampu adalah alat elektronik yang pastinya kita pakai untuk kebutuhan masing-masing. Itu yang membuat kamu menjadi tergantung dari keberadaannya listrik.

Semua pekerjaan menjadi gampang berkat adanya listrik, tapi kalau dikonsumsi terlalu berlebihan, tentu akan membuat biaya tagihan semakin bengkak. Banyak hal-hal yang menyebabkan tagihan gampang membengkak di akhir bulan. Contoh-contohnya seperti di bawah ini.

1.Matikan AC saat tidak dipakai
AC membuat kita nyaman dengan suhu ruangannya yang dingin. Meski membuat kita nyaman, AC menjadi salah satu penyebab biaya tagihan menaik karena mengkonsumsi listrik lebih besar. Maka itu, kamu harus menggunakannya kalau sedang benar-benar dibutuhkan saja. Selain itu, kamu juga bisa membeli AC yang memiliki fitur hemat listrik dan sesuaikan dengan luas ruangannya.

Kalau kamu tidak memakainya, matikan AC-nya agar listrik tidak boros terpakai.

2.Cabut kabel dari saklar yang tidak dipakai
Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh semua orang. Mereka hanya membiarkan kabelnya tetap terpasang di saklar meski mereka sudah selesai menggunakannya. Padahal walau sudah dalam kondisi mati, tetap saja listrik tetap mengalir ke dalam kabel itu.

Kalau kamu tidak melepasnya, listrik akan terbuang sia-sia dan tagihan semakin membengkak mengikuti jumlah listrik yang terpakai. Daripada kamu bayar tagihan dari listrik yang tidak terpakai, sebaiknya copot semua kabelnya saat kamu tidak menggunakannya.

3.Matikan lampu kalau penerangan sudah cukup
Saat siang hari, tidak jarang orang menyalakan lampunya karena dianggap kurang terang. Padahal membiarkannya nyala saat siang hari akan membuat listrik kamu terpakai sia-sia. Pakai lampu kalau kamu benar-benar ingin memakainya saja.

Berbeda kalau malam hari. Tentu ruangan tidak mendapatkan sinar matahari, sehingga menyalakan lampu masih sangat wajar. Lebih baik kamu gunakan saja lampu yang hemat energi atau yang bisa menyala otomatis saat ruangan tidak mendapatkan cukup cahaya.

4.Buka jendela sebagai pengganti AC
Kalau kamar kamu memiliki jendela, sebaiknya buka jendelanya saat pagi dan sore hari agar angin bisa masuk menggantikan AC. Selain itu, udara yang masuk juga bisa membuat sirkulasi dalam ruangan terkendali. Ruangan pun menjadi tidak bau apek dan tidak lembab.

5.Bijak memakai mesin cuci
Selain AC, mesin cuci juga termasuk alat elektronik yang mengkonsumsi listrik cukup banyak. Karena itu, kamu harus bijak juga memakainya. Kalau pakaiannya hanya sedikit, sebaiknya kamu cuci saja menggunakan tangan. Tapi kalau memang sudah menumpuk, menggunakan mesin cuci tidak masalah.

Ubah kebiasaan kamu untuk menghemat listrik mulai dari sekarang. Biaya tagihan listrik akan semakin cepat membengkak kalau kamu tidak membiasakan diri untuk berhemat. Dengan menerapkannya, kamu bisa langsung merasakan perbedaan harganya.