Masakan

Tanggal Tua Masih Bisa Makan Enak kalau Kamu Memakai Cara Ini

Saat mendekati akhir bulan, sebagian orang akan mengalami kondisi finansial yang semakin kosong, terutama anak-anak mahasiswa yang merantau dan jauh dari orang tua. Mereka harus menunggu kiriman uang dari orang tua agar kebutuhan sehari-harinya terpenuhi. Sebenarnya hal itu tidak jauh berbeda dengan pekerja kantoran. Mereka juga harus menunggu gaji cair agar mereka bisa memenuhi kembali kebutuhannya.

Biasanya saat akhir bulan, orang yang sudah mulai kehabisan uang hanya akan mengkonsumsi mie instan karena harganya yang jauh lebih bersahabat dibandingkan makanan yang sudah siap dihadangkan. Tapi, kamu juga bisa menyiasatinya dengan melakukan tips ini.

1. Masak sendiri
Memasak sendiri sebenarnya bisa membuat kamu semakin hemat pengeluaran soal biaya makan per bulannya. Harga bahan-bahan makanan yang bisa kamu masak harganya jauh lebih murah daripada kamu membeli makanan jadinya. Pasar menjadi tempat yang pas banget untuk berburu bahan masakan, karena harganya yang lebih terjangkau.

Cukup dengan Rp 50 ribu, kamu bisa membeli bahan masakan untuk dikonsumsi selama 3 hingga 4 hari. Tidak usah memilih bahan yang terlalu kompleks, pilih saja telur, tempe, tahu, bayam, dan sebagainya agar lebih murah dan gampang masaknya.

2. Beli makanan sharing
Tips ini harus kamu lakukan saat kamu mau nongkrong bersama teman-teman. Cari tempat makan yang menyediakan menu yang besar, sehingga bisa kamu bagi-bagi dengan yang lain. Pizza adalah menu yang paling umum dan gampang dibagi dengan orang lain. Harganya kini sudah bervariasi, bahkan batas murahnya sekitar Rp 50 ribu per loyang.

Harga itu bisa kamu bagikan juga ke teman-teman yang lain agar sama rata membayarnya. Urusan minuman, kamu bisa membawanya sendiri dari rumah dengan menggunakan botol minum. Tidak usah bayar air minum lagi, kan?

3. Beli porsi keluarga
Porsi keluarga adalah menu makanan yang banyak dicari oleh anak-anak kost. Porsinya sangat besar dan bisa membuat kamu bertahan selama beberapa hari ke depan. Cari saja tempat makan yang menyediakan menu keluarga seperti itu. Mungkin kamu akan menganggap kalau harganya mahal. Tapi kalau dirinci lagi, akan lebih murah karena kamu bisa mengkonsumsinya untuk beberapa kali.

4. Berburu promo
Tidak jarang saat akhir bulan banyak restoran yang menawarkan promonya untuk menu-menu tertentu. Manfaatkan kesempatan itu agar kamu bisa mendapatkan porsi yang banyak tapi dengan harga yang jauh lebih murah. Tidak ada salahnya kalau kamu membeli promo beli 1 gratis 1 karena yang satunya bisa kamu simpan untuk dimakan nanti.

5. Beli voucher online
Selain berburu promo, beli voucher online bisa menghemat pengeluaran kamu untuk makan enak. Ada beberapa vendor yang menyediakan voucher makan online yang harganya lebih murah dibandingkan kamu membeli langsung di restoran.

Gunakan tips-tips itu agar pengeluaran kamu tidak membengkak di akhir bulan hanya untuk makan saja. Jangan lupa ajak temanmu agar biayanya semakin hemat. Kantong kering tidak menjadi masalah buat kamu yang mau makan enak.