Menu

Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Kehidupan menjadi Semakin Buruk

Masing-masing orang pasti memiliki kebiasaan sendiri-sendiri yang suka dilakukan, entah itu hal yang kecil atau yang besar. Umumnya, kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari, yakni menonton TV, ngemil, nonton film, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi, kalau kamu membiasakan diri dengan hal yang sehat, tentu kehidupan kamu tidak akan terganggu.

Berbeda kalau kamu menerapkan kebiasaan yang buruk, tentu akan membawa dampak yang negatif untuk kegiatan sehari-hari kamu. Berikut beberapa contohnya.

1. Terlalu lama duduk
Kebiasaan terlalu lama duduk pasti sering dilakukan oleh siapa pun dan di mana saja. Duduk memang membuat kamu mengurangi rasa lelah, tapi kalau dilakukan terlalu berlebihan akan mengundang dampak negatif. Dampak-dampak itu seperti gangguan kesehatan, misalkan diabetes, serangan jantung, obesitas, kurangnya produktivitas, dan sebagainya.

Kamu harus ingat, duduk tidak akan membuat kalori dalam tubuh terbakar, sehingga gampang mengakibatkan obesitas. Kamu yang sudah terlalu lama duduk, sebaiknya berjalan-jalan sebentar atau melakukan peregangan otot agar tidak kaku. Selain itu, kamu perlu melakukan kegiatan yang berat kurang lebih 1 jam setelah kamu terlalu lama duduk.

2. Begadang
Begadang juga termasuk gaya hidup yang tidak sehat tapi masih banyak orang yang melakukannya. Ada alasan-alasan kenapa mereka tidur larut malam, bahkan saat dini hari baru tidur, seperti mengerjakan tugas yang menumpuk, bermain bersama teman, sibuk dengan gawainya, atau menonton TV.

Aktivitas esok hari bisa terganggu kalau kamu tidak tidur di waktu yang sesuai, sekitar jam 10 dan bangun pagi jam 5. Kamu yang tidak membiasakan diri, tentu akan cepat lelah dan ngantuk esoknya saat tengah-tengah berkegiatan. Selain itu, kamu akan gampang terkena penyakit berbahaya, seperti gangguan sistem kelenjar tiroid, jantung, ginjal, dan lainnya.

3. Bekerja lupa waktu
Ketika sudah mulai beranjak dewasa, kehidupan kamu akan lebih fokus dengan pekerjaan. Jadwal yang padat dan tugas yang menumpuk tentu membuat kamu harus ekstra kerja keras agar bisa diselesaikan tepat waktu. Tapi, kamu bukan robot yang bisa bertahan sampai jangka waktu yang sangat lama untuk bekerja. Tubuh manusia harus membutuhkan istirahat agar bisa bekerja dalam kondisi prima.

Kamu yang bekerja sampai lupa waktu akan menyebabkan tubuh terkena berbagai penyakit, seperti hiperteni, pusing berlebihan, depresi, jantung, dan sebagainya. Usahakan kamu luangkan waktu untuk beristirahat agar stamina tetap terjaga.

4. Terlambat makan
Jangan pernah berpikir kalau menunda makan merupakan cara yang sehat untuk menurunkan berat badan. Kamu yang terlambat makan akan mengundang berbagai penyakit pencernaan, seperti maag dan gangguan lambung lainnya.

Lebih baik kamu atur jadwal makanmu dengan teratur agar tidak mengalami penyakit pencernaan yang berbahaya. Jangan lupa imbangi menu makanannya dengan yang sehat dan gizi yang cukup.

Ubah kebiasaan seperti di atas dengan gaya hidup yang lebih sehat. Tubuh akan tetap segar dan semangat menjalani aktivitas.