Gaya Hidup

Dampak Negatif Penggunaan Teknologi yang Berbahaya untuk Kehidupan

Teknologi merupakan media bantuan yang bisa memudakan manusia dalam menjalankan atau mengerjakan sesuatu. Tentu ada banyak perkembangan yang sudah dilakukan oleh ahlinya, sehingga penggunanya bisa lebih puas memakainya. Tapi, meski memberikan dampak yang positif, ada juga dampak negatif yang didapat penggunanya.

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja, tapi juga mempengaruhi kesehatan otak dan organ lainnya, serta mental penggunanya. Karena itu, waspadai dampak-dampaknya di bawah ini.

1. Berita hoax
Berita hoax adalah berita bohong dan tidak terpercaya, bahkan bukan dari pihak tertentu yang membuatnya. Karena adanya berita ini, informasi yang sebelumnya bisa kamu langsung dapatkan dengan terpercaya, harus semakin memilah-milah lagi mana yang benar dan mana yang tidak.

informasi fitnah bisa menjadi media kambing hitam. Kamu yang tidak melihat bukti kebenarannya dulu, akan gampang termakan dan memaki-maki pihak yang dibicarakan. Kamu harus bijak memilih berita agar tidak termakan hoax. Tentu akan sangat malu kalau kamu sudah menyebarluaskannya tapi ternyata berita itu bohong.

2. Lebih penting gadget
Saat berkumpul bersama dengan keluarga atau teman, pasti ada beberapa di antara mereka yang sibuk dengan gadget-nya. Entah itu alasan bosan atau memang lebih penting gadget, tentu membuat ungkapan yang dekat semakin jauh dan yang jauh semakin lebih dekat benar-benar nyata.

Padahal, mereka yang sibuk dengan gadget-nya hanya membuka sosial medianya saja. Mungkin tidak apa-apa kalau sesekali mereka melakukannya. Tapi kalau lama-kelamaan mereka tidak juga melepasnya, tentu membuat siapa pun akan merasa kesal dengan sikap cueknya.

3. Permainan tradisional semakin langka
Saat masih kecil, pernahkah kamu bermain gundu, petak umpet, dan permainan tradisional lainnya? Kalau pernah, berarti masa kecilmu termasuk bahagia. Anak-anak zaman sekarang sudah terpaku dengan gadget, bahkan orang tua dengan cueknya memberikan milik mereka agar mereka bisa diam.

Kalau dibiarkan terus menerus, tentu permainan tradisional akan semakin langka, apalagi beberapa di antaranya sudah ada yang punah karena tidak ada lagi anak-anak yang memainkannya. Mau tidak mau permainan tradisional akan dilupakan dan hanya menjadi kenangan saja.

4. Mengumbar aib
Adanya kemajuan teknologi membuat orang akan gampang mengumbar aib. Dalam hal ini, media sosial menjadi teknologi yang paling sering digunakan untuk menceritakan aib-aib sendiri atau orang lain. Sebenarnya kebiasaan ini sudah berbahaya karena aib yang diumbar pada orang lain, belum tentu mereka memberikan pendapatnya atau solusi.

5. Suka mencaci
Masih berhubungan dengan media sosial. Pengguna di beri kebebasan untuk mengekspresikan apa yang diinginkan tapi, kalau tidak dibatasi dengan benar, maka hal-hal negatif bisa saja dilakukan, seperti mencaci maki orang lain.

Contohnya saja ketika ada pengguna yang salah kata-kata, netizen akan langsung menyerangnya dengan kalimat makian dan hinaan, sehingga membuat penggunanya trauma.

Gunakan dengan bijak teknologi terkini agar kamu tidak terjerumus ke hal-hal negatif. Kamu pengguna sosial media juga harus mengeluarkan konten yang positif agar pengikut kamu senang dengan postingannya.