Menu

Bagaimana Meningkatkan Produktivitas di Saat Musim Liburan

Liburan adalah waktu yang menyenangkan untuk siapa pun. Mereka tidak usah memikirkan pekerjaan, tugas sekolah, dan sebagainya yang biasanya mereka terima di hari-hari biasa. Mereka bebas melakukan apa pun yang mereka mau yang tidak bisa mereka lakukan di saat hari masuk kerja atau kampus.

Tapi, terkadang musim liburan membuat kamu kurang produktif, apalagi yang sudah terlalu malas untuk melakukan apa pun. Meski kamu sedang di masa yang tenang dari segala jenis tugas-tugas kantor atau kampus, sebaiknya kamu juga harus produktif agar keseharian kamu tidak membosankan. Tidak heran ada yang menilai kalau libur terlalu lama akan membuat hari-hari akan semakin bosan.

Penyebabnya karena kamu kurang produktivitas, sehingga hari-hari kamu akan membosankan. Cobalah kamu melakukan cara ini agar lebih produktif lagi.

1. Catat apa yang mau dilakukan besok
Agar kegiatan yang kamu mau jalani lebih gampang, sebaiknya kamu perlu mencatatnya di buku catatan atau di smartphone kamu. Kamu catat saja apa yang mau dilakukan besok hari agar kamu tidak lupa dan tidak terburu-buru.

Adanya catatan itu tidak akan membuat kamu besoknya membuang-buang waktu untuk mengingat kegiatan apa yang mau dilakukan. Kamu bisa lebih menghemat waktu dan menggunakannya untuk keperluan lainnya, seperti beristirahat, berkumpul bersama teman atau keluarga, dan sebagainya.

2. Tidur dengan waktu yang tepat
Saat liburan, terkadang kita bebas mau tidur larut malam atau begadang sampai pagi. Padahal kebiasaan itu tidaklah sehat dan merusak kesehatan kita. Akibatnya saat paginya kamu akan mengantuk dan tidak bisa melakukan kegiatan lainnya. Rasa malas akan semakin menumpuk karena kamu sering menguap berkali-kali.

Agar produktivitas kamu tetap meningkat, sebaiknya kamu tidur di waktu yang tepat. Tidurlah sekitar jam 10 dan bangun pukul 5 atau 6 pagi. Badan kamu pasti akan tetap segar dan bersemangat untuk menyambut hari baru.

3. Sarapan
Kamu pasti sering mendengar kalau sarapan sangat penting untuk aktivitas seharian. Ya anggapan itu memang benar karena sarapan bisa memberikan energi lebih untuk beraktivitas. Otak kamu juga bisa mendapatkan kesegaran, sehingga akan lebih gampang berkonsentrasi.

Awali hari kamu dengan menu sarapan yang menyehatkan, seperti telur rebus, sereal, oat meal, roti panggang, dan sebagainya. Jangan langsung makan berat, seperti nasi agar kamu tidak ngantuk saat siang harinya.

4. Jangan tunda pekerjaan rumah
Saat libur, waktunya memang lebih banyak dipakai untuk bersantai-santai saja, sehingga tidak jarang pekerjaan rumah menjadi terbengkalai, seperti mencuci baju, cuci piring, membersihkan ruangan, dan sebagainya. Kamu selalu menjanjikan membersihkannya nanti saja, tapi belum juga terlaksana karena menunda-nundanya.

Lebih baik kamu jangan menundanya karena pekerjaan rumah akan semakin menumpuk. Sedikit-sedikit semakin lama menjadi bukit juga cocok untuk pekerjaan rumah yang tertunda. Semakin kamu melakukannya nanti-nanti, maka akan semakin menumpuk kotorannya.

Hari libur jangan kamu gunakan untuk bermalas-malasan saja. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agar kebiasaan produktivitas tidak hilang saat mulai masuk sekolah atau kerja. Kalau kamu membiarkannya, nanti kemalasan itu akan gampang datang saat kamu sudah kembali beraktivitas.