Menu

Jangan Anggap Mengerikan, Solo Traveling Punya Segudang Manfaat

Jalan-jalan atau traveling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, entah itu buat ramai-ramai atau diri sendiri. Mungkin masih banyak orang yang menilai kalau traveling akan lebih seru kalau dilakukan bersama dengan teman-teman. Tapi, tahukah kamu kalau solo traveling juga tidak kalah menyenangkannya?

Yang harus kamu pastikan sebelum melakukan solo traveling adalah kota tujuan kamu harus aman, apalagi buat kamu yang perempuan. Kamu bisa melakukan survey dulu di website-website atau bertanya ke orang yang sudah pernah berpergian sendiri.

Dengan melakukan berlibur sendirian, tentu ada manfaat-manfaat yang bisa di dapat.

1. Menjadi lebih percaya diri
Solo traveling terkadang dianggap hal yang menakutkan karena pergi sendirian ke daerah yang mereka tuju. Tapi, meski susah dilakukan, kamu akan semakin belajar lebih percaya diri. Kamu yang berhasil menaklukkan ketakutan untuk berpergian sendiri, tentu akan mendapatkan banyak pengalaman nanti.

Dari pengalaman sendirian itu, kamu akan semakin memahami untuk tampil berani dan percaya diri. Hal itu bisa kamu terapkan lagi di kehidupan sehari-hari, entah itu di kampus atau tempat kerja.

2. Merasa lebih bebas
Saat kamu pergi bersama dengan teman-teman, kamu tidak boleh egois dan menentukan segala sesuatu adalah kesepakatan bersama. Kamu yang mau ke tempat tertentu, bisa terhalang karena ada teman yang tidak mau. Karena itu, dengan berpergian sendiri, kamu akan jauh merasa lebih bebas tanpa ada tekanan dari orang lain.

Kamu bisa terserah sesuka hati mau makan apa, lanjut ke mana, dan sebagainya tanpa tergantung dari pendapat yang lainnya. Kebebasan seperti ini yang harus kamu rasakan setidaknya 2 kali setahun.

3. Menambah wawasan
Solo traveling membuat kamu semakin menambah wawasan yang jarang sekali kamu dapatkan ketika pergi berlibur bersama-sama dengan orang lain. Kamu akan semakin gampang belajar dan menambah pengetahuan baru tanpa terhalang dari orang lain yang mengikuti kamu.

Kamu akan gampang mengenal budaya yang ada di tempat yang kamu tuju, makanan khasnya, serta kondisi-kondisi yang tidak terduga yang bisa kamu jadikan pelajaran hidup. Yang perlu kamu ingat adalah, selalu bertanya ke orang-orang sekitar agar kamu tidak gampang tersesat.

4. Lebih mengenal diri sendiri
Manfaat yang paling dirasakan ketika berlibur sendiri yaitu kamu akan lebih mengenal siapa diri kamu. Kalau kamu biasanya pergi bersama dengan teman-teman, kamu hanya akan mengikuti mereka dan tentunya kebutuhan orang lain juga harus kamu pikirkan. Tapi, dengan melakukannya sendiri, kamu tidak usah lagi mempersoalkan hal itu dan sangat berbeda dari biasanya.

Kamu akan semakin paham apa yang benar-benar kamu butuhkan dalam hidup, apa yang kamu ingin jalankan ke depannya, dan banyak hal yang bisa kamu sadari dari diri kamu sendiri. Kamu juga semakin tahu apa yang membuat kamu merasa takut atau apa yang lebih kamu suka.

Solo traveling bukanlah hal yang perlu kamu takutkan. Buang saja pikiran itu dan mulailah mencari tempat-tempat yang menyenangkan untuk pergi berlibur sendirian. Usahakan pilih tempat yang aman buat kamu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.