Gaya Hidup

Gaya Hidup Masyarakat Indonesia yang Dinilai Unik oleh Para Turis Asing

Indonesia sudah semakin populer di mata dunia. Melalui keanekaragaman budaya, makanan, agama, tempat wisata, dan gaya hidupnya, orang-orang mancanegara merasa kagum akan kayanya apa yang dimiliki oleh Indonesia. Tidak heran kalau mereka mau menyempatkan diri untuk datang ke tanah air agar bisa merasakan sendiri keanekaragaman itu.

Dari gaya hidup yang dilakukan oleh orang Indonesia, tentu kebiasaan-kebiasaan itu berbeda dengan yang ada di negara luar. Jadi saat para turis melihatnya, mereka menilainya unik karena tidak biasa mereka lakukan sehari-hari. Kebiasaan apa yang membuat orang Indonesia unik?

1. Melepas alas kaki saat bertamu
Saat masuk ke dalam rumah, kebanyakan tamu otomatis langsung melepas alas kakinya di muka rumah atau teras. Kebiasaan ini tidak seperti di luar negeri. Di negara luar, para tamu akan masuk begitu saja tanpa melepas alas kakinya. Mereka tidak ragu-ragu masuk dengan menggunakan sepatu atau sandal karena sudah menjadi kebiasaan umum di sana.

Kalau di Indonesia, melepas alas kaki menandakan kalau mereka menghormati pemilik rumah. Tamu tidak mau rumahnya kotor karena alas kaki yang mereka gunakan, jadi mereka melepasnya di luar.

2. Makan pakai tangan
Kebiasaan makan pakai tangan menjadi hal yang biasa untuk orang-orang Indonesia. Mereka sudah menganggap kalau memakai tangan, makan akan menjadi lebih nikmat dan tidak repot. Tapi untuk para turis yang melihatnya, kebiasaan ini sangatlah unik.

Di luar negeri orang-orangnya sudah diajari untuk makan menggunakan sendok dan garpu, bahkan pisau kalau diperlukan. Saat para bule melihatnya, pada awalnya mereka menganggapnya jorok. Tapi, setelah mencobanya, ternyata mereka juga ikut ketagihan makan memakai tangan.

3. Makan nasi setiap saat
Orang Indonesia sudah tertanam ungkapan belum makan nasi, berarti belum makan. Ya, masyarakat Indonesia identik dengan nasi, sehingga segala makanan yang berat harus dilengkapi dengan nasi agar tambah kenyang. Mulai dari mie, bakso, bahkan sampai roti tertentu mereka lengkapi dengan tambahan nasi.

Di negara luar, seperti Amerika dan Eropa, nasi jarang sekali disajikan. Jadi, saat mereka datang ke Indonesia, mereka menilainya unik karena memang jarang terjadi di negara mereka. Tapi kebiasaan ini memang tidak sehat. Tidak heran kalau kebanyakan orang Indonesia gampang obesitas atau kegemukan karena mengkombinasikan nasi dengan makanan berat lainnya.

4. Mandi memakai gayung
Di negara Eropa, Amerika, Jepang, dan negara besar lainnya, peralatan mandi yang diperlukan hanya shower atau bathtub saja. Mereka tidak ada yang menggunakan ember atau bak yang menampung air. Untuk mandinya saja mereka tidak ada yang memakai gayung.

Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang mandi menggunakan gayung. Kebiasaan ini memang sangat minimalis karena air yang terpakai hanya sedikit dibandingkan menggunakan shower atau bathtub.

Gaya hidup yang dianggap biasa oleh orang Indonesia ternyata membawa keunikan tersendiri buat para turis mancanegara yang melihatnya. Sebenarnya kamu patut berbangga karena kebiasaan ini jarang terjadi di negara-negara lainnya.