Gaya Hidup

Gaya Hidup Masyarakat Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Korea Selatan mulai dikenal masyarakat dunia berkat K-Pop, K-drama, budaya, dan tempat wisatanya. Musik-musik negeri gingseng ini membawa dampak yang luar biasa bagi kemajuan dunia musik dunia, sehingga dengan cepat para penyanyinya terkenal di berbagai belahan dunia lainnya, termasuk Indonesia.

Kebudayaannya yang unik dan tempat wisatanya yang cantik juga membuat orang penasaran. Tidak heran kalau semakin banyak turis asing yang datang berkunjung ke Korea Selatan untuk menikmati hal-hal yang belum pernah dirasakan di negara mereka. Di samping itu, masyarakat lokalnya memiliki gaya hidup yang unik, sehingga kamu yang mau berlibur ke sana harus mempelajarinya dulu agar tidak salah paham.

1. Suka menabrak
Kebiasaan suka menabrak ini bukan dalam konteks kendaraan, tapi manusianya. Penduduk di sana memiliki prinsip yang selalu ditekankan, yaitu waktu adalah uang. Jadi, mereka sering kali terburu-buru kalau saat jalan menuju tempat kerjanya atau kampus. Tidak heran kalau mereka sering menabrak orang di depannya karena jalannya yang tergesa-gesa.

2. Lebih takut dengan CCTV
Banyak negara yang penduduknya takut pada polisi lalu lintas, tapi tidak buat orang-orang Korea Selatan. Mereka lebih takut pada CCTV yang terpasang hampir di setiap sudut jalanan. Cara ini sebenarnya cukup efektif untuk mengajarkan masyarakatnya tertib lalu lintas.

Kalau ketahuan melanggar, dalam 2 hari ke depan pelaku akan menerima kiriman surat tilang mengenai pelanggaran yang disertai dengan foto tempat mereka melanggarnya.

3. Pindah rumah, perabotan lama dibuang
Kebanyakan orang Indonesia masih membawa barang-barang lamanya ke rumah barunya karena terlalu boros lagi untuk membelinya yang baru. Tapi, di Korea Selatan masyarakatnya lebih memilih membuang perabotan lamanya dan menggantinya yang baru.

Barang-barang yand dibuang akan diletakan di suatu tempat khusus dan memperbolehkan siapa pun mengambilnya tanpa membayarnya. Uniknya, kalau perabotannya tidak semuanya diambil oleh orang lain, maka pemerintah setempat akan memberikan denda pada pemiliknya.

4. Belanja di minimarket tidak dikasih plastik
Kamu yang berbelanja di minimarket Indonesia pasti akan diberikan plastik sebagai wadah pembungkusnya. Tapi buat kamu yang belanja di minimarket Korea Selatan, kamu tidak akan diberikan kantong plastik sama sekali. Memintanya ke pelayannya juga akan dikenakan biaya tambahan. Jadi mau tidak mau pembeli harus membawa kantong belanja sendiri untuk membawa barang-barang bawaannya.

5. Saat makan, orang harus mengeluarkan suara
Buat orang Indonesia, makan sambil mengeluarkan suara mengecap akan dianggap tidak sopan. Tapi tata krama itu tidak berlaku di Korea Selatan karena mereka mengharuskan orang mengeluarkan suara saat sedang mengunyah. Kebiasaan itu dianggap mereka sopan karena sudah menghargai makanan yang mereka buat.

Perbedaan gaya hidup yang ada di Indonesia dengan di Korea Selatan memang berbeda. Tentu kamu harus membiasakannya agar tidak terjadi salah paham di sana. Liburan di Korea Selatan pun akan semakin nyaman.