Gaya Hidup Anak Millenial yang Tidak Sehat

Saat budaya-budaya baru mulai masuk ke Indonesia, pasti tidak sedikit orang yang mau ikut-ikutan untuk merasakannya. Kebiasaan tradisional mulai tergeser dengan adanya perubahan budaya yang berasal dari kemajuan teknologi. Tidak hanya membawa dampak positif, tapi beberapa juga ada yang memberikan dampak negatif untuk kaum-kaum muda dan dewasa.

Tentu saja gaya hidup kekinian yang tidak sehat itu akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Entah itu secara langsung atau tidak langsung, kamu pasti akan mengalaminya. Lebih jelasnya, kamu bisa melihatnya di uraian di bawah ini.

1. Sering menggunakan gadget

Gadget atau gawai memang menjadi alat elektronik yang susah dilepas dari kehidupan masa sekarang. Dari penelitiannya saja terbukti kalau kaum millenial yang berada di usia 15 sampai 35 tahun adalah pengguna gawai terbanyak. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya anak-anak di bawah umur, bahkan yang masih batita saja sudah diberikan gadget dari orang tuanya.

Kebiasaan itu menjadi pertanda yang buruk bagi kesehatan seseorang. Mereka yang malas bergerak karena hanya terpaku dengan smartphone saja akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti otot menjadi kaku, pertumbuhan tulang dan fisik tidak bagus, dan sebagainya.

2. Sering memakai headset

Tidak jarang saat mendengarkan lagu, menonton film, atau bermain game kita memakai headset agar suara semakin terdengar dan tidak terganggu dengan suara-suara bising dari luar. Entah itu di kantor, di rumah, atau diperjalanan pasti orang-orang akan lebih banyak waktunya untuk menggunakan headset yang bisa menimbulkan penyakit pada telinga.

Penyebab utama telinga menjadi susah mendengar atau buruk-buruknya menjadi tuli karena suaranya yang terlalu keras dan memakai headset yang tidak tepat. Gangguan pendengaran itu tentu akan semakin meningkat kalau kamu menggunakan volume di atas 60% selama lebih dari 2 jam sehari.

3. Belanja online

Teknologi internet membuat berbagai macam bidang mengalami kemajuan yang pesat, seperti belanja online. Kamu tidak usah lagi yang namanya capek jalan-jalan mencari toko atau macet-macetan di jalan karena kamu bisa berbelanja apa pun hanya melalui gadget yang sudah tersambung dengan internet saja.

Memang sangat memudahkan kita dalam mencari barang, tapi, ada dampak negatif yang kita terima nanti. Kamu akan menjadi semakin malas bergerak karena hanya mengandalkan gadget saja untuk berbelanja. Lebih baik, kamu imbangi juga dengan mencarinya langsung di tokonya. Toh kamu bisa langsung melihat barangnya tanpa khawatir kena tipu.

4. Dugem

Dugem adalah gaya hidup yang negatif yang tidak jarang dilakukan oleh kaum millenial. Berada di suatu tempat dengan suara musik DJ yang keras, ditambah dengan minuman alkohol, bahkan lebih buruknya tersedia barang-barang narkotika. Tidak heran kalau banyak-banyak anak muda di Indonesia tertangkap karena melakukan dugem dengan mengkonsumsi barang-barang haram.

Beberapa gaya hidup negatif yang sering dilakukan oleh kaum millenial di atas harus kamu cerna baik-baik. Pastikan kamu menggunakan porsi yang tepat dalam bergaul atau mencari teman karena jangan sampai kamu ikut terjerumus dengan kegiatan yang negatif. Lakukan pola hidup sehat yang tentunya membuat kamu panjang umur dan tetap sehat terhindar penyakit.