Menu

Beberapa Gaya Hidup yang Bisa Merusak Hidup Anda

Dalam menjalani kehidupan, tentunya kamu harus menerapkan pola hidup yang seimbang agar kamu terus bahagia dan terbebas dari stress yang bisa memicu penyakit atau gangguan kesehatan lainnya. Salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Kamu pasti sering mendengar kebiasan-kebiasan apa saja yang membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Tapi, tidak ada salahnya kalau kamu juga tahu gaya hidup yang bagaimana yang bisa merusak kehidupan kamu. Mungkin kamu tidak akan merasakannya di awal-awal, tapi kalau sudah menjadi kebiasaan, tentu bisa semakin berbahaya bagi hidup kamu. Contoh-contoh kebiasaan yang tidak sehat untuk kehidupan kamu, yaitu:

1. Begadang
Hampir semua orang pasti pernah begadang entah untuk tujuan apa pun itu. Tapi kalau sudah menjadi kebiasaan, tentu akan merusak hidup kamu perlahan-lahan. Tidur larut malam terus menerus akan membuat tubuh mengalami penurunan fisik dan mental, sehingga gampang mengundang berbagai penyakit mematikan, seperti jantung, gagal ginjal, stroke, dan sebagainya.

Lebih baik kamu atur jadwal tidur malam kamu dengan baik. Langsung beristirahat saja setelah kamu pulang kerja dan jangan menggunakan gadget karena akan mengganggu kualitas tidur. Kalau masih sempat saat siang harinya, luangkan waktu untuk tidur siang selama 30 menit sampai 1 jam agar tubuh kembali segar.

2. Makan berlebihan
Makan sampai kenyang masih menjadi kebiasaan yang normal. Tapi yang tidak normalnya adalah kamu terlalu banyak menambahkan porsi makannya dalam 1 kali makan. Kalau kamu membiarkannya dan menjadi kebiasaan, tentu akan mengundang banyak masalah kesehatan, terutama di bagian organ pencernaannya.

Penyakit-penyakit yang didapat kalau makan terlalu banyak dan tidak kira-kira yaitu obesitas, diabetes tipe 2, jantung, tekanan darah tinggi, kanker, penyakit ginjal, dan sebagainya. Terapkan cara makan sehat orang Jepang dengan makan kenyang hingga 80% saja. Cara makan itu juga perlu didukung dengan menggunakan piring kecil untuk makan.

3. Mengkritik diri sendiri
Kebiasaan ini menjadi hal buruk yang biasanya tidak jarang dialami oleh kaum remaja atau mereka yang masih mencari jati dirinya. Mereka cenderung berpikir menyalahkan diri sendiri, fokus hanya pada kekurangan, dan lain-lainnya. Kamu yang terlalu mengkritik diri sendiri hanya akan membuat kesehatan semakin terganggu, apalagi mentalnya.

Kamu akan gampang depresi dan stress karena terlalu memikirkannya. Kamu hanya berpikir negatif-negatif saja, sehingga takut untuk berkembang maju. Lebih kamu kamu lakukan pelan-pelan untuk belajar menerima diri kamu sendiri.

4. Mengeluh
Mengeluh terus menerus akan membuat perasaaan kamu semakin tidak tenang dan akan dilanda depresi yang berkelanjutan. Membutuhkan teman curhat memang tepat kalau kamu mau mengeluarkan keluh kesahnya. Tapi, kalau kamu selalu mengulang-ulang ceritanya, perasaan kamu tetap tidak akan tenang, bahkan hormon stress bisa semakin meningkat.

Biasakan untuk tidak melalukan gaya hidup yang bisa merusak kehidupan kamu. Kamu yang masih punya peluang yang lebih besar untuk berkembang, sebaiknya gunakan waktunya untuk hal-hal yang positif saja. Jadi, saat dewasa, kamu hanya tinggal melanjutkannya dan menikmatinya.