Cara-cara Gaya Hidup Sehat agar Tubuh Lebih Sehat

Siapa sih yang tidak mau punya tubuh yang sehat luar dan dalam? Pasti kamu termasuk orang yang mau kan? Kamu yang mau, harus bisa menjalankan gaya hidup yang seimbang dan sehat mulai dari sekarang. Awalnya memang susah buat kamu yang belum terbiasa. Tapi kalau memang ingin mendapatkan tubuh yang sehat, tentu kamu harus punya kemauan yang tinggi.

Cara-cara yang bisa kamu lakukan agar tubuh sehat dan bugar seperti akan dijelaskan di bawah ini.

1. Berolahraga
Sesibuk apa pun jadwal kamu, usahakan kamu untuk mencari waktu luang untuk berolahraga. Mungkin kamu tidak sempat berkumpul bersama teman-teman untuk olahraga bareng, tapi kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Jogging, jalan santai, atau bersepeda menjadi cara simple yang banyak dilakukan buat mereka yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Kamu yang melakukan secara rutin sebanyak 5 kali dalam seminggu selama 30 menit, tentu tubuh akan menjadi lebih sehat dan rileks. Mood kamu akan semakin cepat diperbaiki, apalagi buat kamu yang sedang stress. Aktivitas ini membantu endorfin atau hormon kebahagiaan lebih gampang keluar, sehingga rasa cemas, stress, dan sebagainya cepat berkurang.

2. Konsumsi air putih yang cukup
Air putih menjadi kebutuhan yang wajib kamu penuhi setiap harinya. Kamu yang kehilangan 1,5% air putih dalam sehari, membuat mood kamu menjadi lebih gampang berantakan dan tidak teratur. Tidak hanya itu, kekurangan air putih juga akan membuat tubuh lebih gampang dehidrasi, badan cepat lemas, dan susah konsentrasi.

Dalam sehari, konsumsi air putih yang cukup, kira-kira 8 gelas. Tapi buat kamu yang punya jadwal super padat dan banyak mengeluarkan keringat, alangkah baiknya untuk menambah porsi minumnya agar tubuh tetap terjaga dehidrasinya.

3. Makan yang sehat dan seimbang
Pola makan menjadi salah satu penyebab apakah tubuh tetap sehat atau malah terserang penyakit. Kamu harus bisa memperkirakan porsi makan kamu dalam sehari. Jangan lupa lengkapi dengan sayuran dan buah agar gizi yang diterima semakin lengkap.

Kamu yang tidak suka dengan sayuran, lebih baik mulai dibiasakan untuk mengkonsumsinya. Banyak manfaat yang bisa kamu terima dengan mengkonsumsi sayuran,seperti organ paru-paru tetap terjaga, dan sebagainya.

4. Detoks media sosial
Media sosial adalah sarana hiburan sekaligus mencari informasi dan pertemanan dalam 1 aplikasi. Banyak yang menfaatkannya untuk mencari uang, membagikan kegiatan sehari-hari, dan masih banyak lagi. Tapi, kalau sudah kecanduan, tentu menjadi gaya hidup yang tidak sehat dan harus segera di atasi.

Rata-rata penggunanya bisa menghabiskan waktu selama lebih dari 4 jam untuk mengaksesnya. Entah itu sedang bekerja, mengerjakan tugas, atau sedang berkumpul bersama keluarga mau pun teman pasti membuka media sosialnya. Lebih baik kamu melakukan detoks media sosial dengan membatasinya atau kalau perlu menghentikan pemakaiannya untuk beberapa hari.

Terapkan gaya hidup sehat mulai sekarang dengan melakukan olahraga rutin, konsumsi air putih yang diimbangi makan yang sehat-sehat dan bergizi, serta menjauhkan diri dari konsumsi hal-hal yang negatif. Jadinya, tubuh kamu akan terhindar dari penyakit dan tetap sehat sampai tua.