Menu

Pilihan Menu Sarapan Anak Mahasiswa Kost yang Murah Meriah

Sebagai anak mahasiswa, tidak jarang setiap harinya menerima jadwal kelas dan tugas yang padat, sehingga membutuhkan energi yang cukup. Kamu yang masih mahasiswa, bisa mendapatkan energi itu dari sarapan yang kamu santap di pagi hari. Kalau di rumah kamu masih bisa merasakan masakan sarapan buatan keluarga, di kost tentu kamu harus mencarinya sendiri.

Hidup sebagai anak kost dikenal harus minimalis. Ada banyak pengeluaran tidak terduga yang terkadang terjadi. Karena itu, kamu yang mau tetap sarapan tapi budget pas-pasan, berikut rekomendasi sarapan ala anak kost kekinian.

1. Jajanan pasar
Jangan di lihat dari namanya yang mentang-mentang jajanan pasar. Kamu tidak harus membelinya di pasar karena makanan jajanan bisa kamu temukan di mana saja, entah itu di dekat kampus, dekat kost, di sepanjang jalan, atau di kantin. Makanan ini sering menjadi pilihan anak-anak kost pagi hari untuk menghemat pengeluaran makan.

Jajanan pasar termasuk sarapan murah meriah, apalagi ada banyak pilihannya. Mulai dari risol, bolu, lemper, dan masih banyak lagi yang lain. Harganya yang murah meriah tentu membuat kamu bisa membeli banyak macamnya. Jangan melihat dari ukurannya yang minimalis, karena sudah sangat cukup untuk mengganjel perut lapar kamu.

2. Bubur ayam
Bubur selalu menjadi menu andalan anak-anak kost saat pagi hari. Di sekitar kampus atau kost pasti kamu akan menemukan banyak penjual yang menjual bubur ayam. Sebagai makanan yang gampang dicari, tentu kamu bisa cepat sarapan saat perut sudah mulai keroncongan sesaat bangun pagi.

Harganya sendiri terhitung murah, sekitar Rp 5 ribu sampai Rp 12 ribu. Biasanya, kalau mahasiswa sudah kepepet memiliki budget sarapan tinggal Rp 10 ribu, mereka pasti akan memilih harga porsi yang paling murah lalu menambahkannya sendiri dengan sate usus atau sate ati ampela.

3. Soto ayam
Saat pagi hari, soto juga menjadi makanan andalan anak mahasiswa yang tinggal nge-kost. Sama seperti bubur, soto ayam juga gampang ditemukan, sehingga menjadi pertolongan pertama pada perut keroncongan saat bangun tidur.

Kuahnya yang gurih dan hangat, ditambah nasi, akan membuat perut kamu terasa kenyang di pagi hari. Porsinya yang mengenyangkan dan banyak, pas banget buat kamu yang suka menelatkan jam makan pagi yang digabung dengan makan siang.

4. Roti dan susu
Kedua makanan ini sangat pas banget saat mendekati tanggal tua. Uang yang pas-pasan sudah bisa membeli roti yang harganya sangat murah, bahkan bisa disimpan untuk beberapa kali makan. Kemudian tambahan susu juga merupakan minuman yang murah untuk pagi hari kamu.

Beberapa rekomendasi menu makanan anak mahasiswa yang tinggal nge-kost bisa kamu tiru untuk menghemat pengeluaran. Tapi, jangan abaikan gizi seimbangnya. Tidak ada salahnya kamu tambahkan konsumsi buah-buahan agar tubuh tetap sehat, meski sedang di akhir bulan.