Menu

Pesona dan Kesejukan Tempat Wisata Alam di Semarang

Menghabiskan liburan di tempat wisata alam merupakan cara terbaik menghilangkan penat dan mengisi kembali energi agar siap beraktifitas. Salah satu daerah yang menyuguhkan pesona alam indah adalah Semarang.

Terdapat banyak tempat wisata alam di Semarang yang mempunyai udara sejuk dan alam terbuka yang hijau, tiga di antaranya akan dibahas berikut ini.

3 Destinasi Wisata Alam di Semarang

Pesona alam Pulau Karimunjawa
1. Watu Gunung Ungaran
Lokasi tepatnya ada di Jalan Srikandi Raya nomor 1, Desa Lerep Ungaran Barat. Dahulunya, sebelum dibuka untuk umum, tempat ini hanya disewakan untuk menggelar resepsi pernikahan.

Sekarang, sudah disulap menjadi tempat wisata alam berkonsep unik dengan fasilitas menarik. Anda akan disuguhkan pesona taman dengan pepohonan hijau, bebatuan besar, dan joglo-joglo besar.

Fasilitas yang disediakan antara lain kolam renang, kolam pemancingan, danau buatan, sungai buatan, tempat makan, dan penginapan. Saat berada di danau buatan, Anda akan dihibur oleh beragam ikan hias cantik.

Perahu pun siap dinaiki untuk membawa Anda berkeliling danau. Sungai buatannya pun tidak kalah indah. Saat ingin beristirahat, Anda dapat bersantai di atas bebatuan.

2. Puri Maerokoco
Tidak hanya Jakarta saja ternyata yang mempunyai Taman Mini, tetapi Semarang juga mempunyai Taman Mini dengan kekhasan tersendiri atau dapat dibilang sebagai Taman Mini Jawa Tengah.

Wisata alam terbuka ini cocok dijadikan wisata edukasi bagi pengunjung terutama anak-anak. Sedikitnya terdapat 35 kabupaten/kota yang rumah adatnya dipajang di Puri Maerokoco.

Terdapat beragam hasil industri khas tiap daerah yang dipajang di dalam tiap rumah adat tersebut. Selain itu, Puri Maerokoco mempunyai daya tarik lain berupa anjungan dengan berlatar hutan mangrove yang hijau dan eksotis.

Anda dapat menyusuri hutan mangrove melewati jalan setapak atau menaiki perahu untuk mengelilingi hutan sekaligus mengunjungi sebuah telaga.

3. Taman Nasional Karimunjawa
Mumpung sedang di Semarang, tidak ada salahnya apabila mengunjungi Jepara yang berlokasi tidak jauh. Terdapat sebuah destinasi indah yang sulit ditolak yaitu Taman Nasional Karimunjawa. Pesona daratan dan lautan akan semakin melengkapi keseruan liburan Anda.

Pantai di Taman Nasional Karimunjawa masih bersih dan Anda juga dapat menyaksikan keindahan terumbu karang.

Kawasan Taman Nasional ini juga menyuguhkan keindahan bukit yang dapat Anda jelajahi seperti Bukit Joko Tuo, Bukit Love, dan Bukit Nyamplungan.

Aktifitas seru lain yang dapat dilakukan antara lain snorkeling, memancing, menaiki jetski, menaiki banana boat, melihat keindahan bawah laut dengan glass bottom boat, dan berenang bersama ikan hiu jinak.

Tidak akan salah memilih Semarang sebagai destinasi saat Anda berlibur. Justru Anda akan mendapatkan nilai plus karena dpat mengunjungi tempat wisata indah di sekitarnya seperti Karimunjawa Jepara.

Hanya saja perlu direncanakan jauh-jauh hari khususnya untuk pemesanan penginapan mengingat saat liburan pasti akan dipadati pengunjung. Dengan persiapan matang maka liburan semakin mantap.