Menu

Beberapa Tips Diet Menurunkan Resiko Kanker

Pada era yang serba canggih ini, kita masih belum terbebas dari yang namanya penyakit. Harapan kita, semakin modernnya teknologi, diharapkan pula penyakit yang berat mampu ditemukan penawar dan obatnya, tapi sayangnya justru jenis penyakit semakin banyak dan obatnya semakin sulit untuk ditemukan, salah satunya adalah kanker. Penyakit ini sudah menyerang hampir di seluruh dunia.

Keberadaan penyakit kanker ini nggak bisa kita sepelekan, kita harus rajin-rajin mencari informasi tentang cara pencegahan kanker dan apa saja gejalanya. Menurut studi, kanker muncul karena faktor dari luar tubuh, diet menurunkan resiko kanker merupakan salah satu cara untuk kita mengurangi resiko terserangnya. Sudah dikatakan sebelumnya bahwa penyebabnya adalah faktor dari luar tubuh, seperti pola makan nggak sehat, dan lainnya.

Cara diet yang mampu menurunkan resiko kanker

Diet pada dasarnya bukanlah suatu hal yang harus dikhawatirkan, karena diet dilakukan untuk mengembalikan tubuh ke keadaan yang seharusnya. Setiap orang mempunyai kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya yang berbeda-beda, sehingga aturan dietnya juga harus disesuaikan. Diet yang asal-asalan hanya akan membahayakan tubuh dan kemungkinan berhasilnya justru kecil, malahan, ketika menjalaninya akan merasa tersiksa sekali.

Diet menurunkan resiko kanker bisa dilakukan dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini,

1.Menghindari gaya hidup yang nggak sehat

Merokok merupakan sesuatu yang keren menurut beberapa orang. Tapi taukah kamu, kalo di dalam rokok tersimpan berbagai macam racun yang siap memperburuk tubuhmu. Jika seorang wanita menjadi perokok aktif, maka dia akan beresiko mengalami kanker payudara, atau kanker lainnya. Daripada menanggung resiko berat di kemudian hari, coba kurangi dan hentikan konsumsi rokokmu sebelum pada akhirnya harus terkena penyakit mematikan satu ini.

2.Menjaga berat badan tetap stabil

Melakukan diet sehat seperti diet menurunkan resiko kanker akan membuat badanmu lebih kecil, itu pasti. Di saat beratmu udah mencapai batas idealmu, sebaiknya pertahankan. Imbangi dengan olahraga setiap harinya dan rutin, kalo nggak punya waktu yang lama untuk olahraga, cobalah download aplikasi ‘workout’ di smartphone-mu, dengan begitu kamu bisa meluangkan barang 10 menit setiap hari untuk olahraga. Walau hanya sebentar, manfaatnya akan jangka panjang.

3.Hindari radiasi

Radiasi menjadi salah satu penyebab datangnya sel kanker, apalagi jika terpaparnya dalam jangka panjang. Radiasi yang mampu menyebabkan penyakit ini seperti ‘x-ray’ dan CT Scan. Jika memang harus dilakukan, seenggaknya konsultasikan ke dokter, siapa tau ada cara lain selain kedua cara itu agar tubuh nggak terpapar radiasi seperti ini.

‘Kanker awareness’ sekarang ini merupakan salah satu hal yang harus kita perhatikan karena kita harus hidup dengan cara yang baik dan sehat demi menghindari terserang penyakit mematikan ini.