Menu

Antiseptik Onemed, Inilah Ragam dan Manfaatnya!

Antiseptik memiliki manfaat untuk mensterilkan tubuh dari kuman dan bakteri. Banyak sekali produsen antiseptik saat ini. Salah satu produsen yang populer di masyarakat adalah Onemed. Antiseptik onemed banyak digunakan masyarakat dari semua kalangan. Bahkan tim medis selalu membutuhkan produk antiseptik onemed. Sebelum membahas lebih jauh, mari sedikit mengulas apa itu antiseptik.

Antiseptik Onemed

Apa Itu Antiseptik?

Cairan antiseptik merupakan sebuah cairan yang memiliki zat pembasmi kuman dan bakteri. Zat tersebut tetap aman digunakan pada manusia. Namun, tentu saja dengan penggunaan yang tepat dan sesuai dengan aturan yang sudah diberikan. Antiseptik ini sendiri juga memiliki beragam bentuk, ada antiseptik yang berbentuk gel, ada yang berbentuk cair, ada juga yang berbentuk spray.

Macam-macam Antiseptik dari Onemed

Berbagai jenis antiseptik yang diproduksi oleh Onemed memiliki beberapa bentuk dengan kegunaannya masing-masing. Biasanya produk dari Onemed banyak digunakan pada rumah sakit untuk kebutuhan para tim medis. Apa saja antiseptik Onemed? Ini dia ulasan singkatnya:

1. Aseptic

Produk pertama dari onemed ini memiliki bentuk gel. Gel ini adalah cairan antiseptik yang dibuat untuk membersihkan tangan tanpa perlu ribet membilas dengan air. Tangan bisa bersih seketika karena bahan dasar yang digunakannya adalah alkohol.

Tak heran jika antiseptik ini sangat efektif untuk membunuh kuman dan mencegah infeksi. Meski begitu, produk ini tidak merusak kulit tangan. Kemasan produk ini memang praktis dan bisa diisi ulang. Karena itu bisa digunakan untuk pemakaian baik di dalam maupun luar rumah. Meski dalam bentuk gel namun tetap bisa menjaga kulit tangan tetap halus karena ada pelembut tangan pada produk ini. Jadi tangan bersih dan tetap lembut meski sering menggunakan produk ini.

Hand Sanitizer ini dapat mencegah infeksi pada luka dengan sangat efektif. Selain itu, Aseptic tidak akan membuat tangan terasa kering dan kasar karena mengandung bahan pelembut kulit. Ethyl Alcohol 70%, Deionize Water Carbomer, TEA, PEG 40, Color merupakan kandungan yang terdapat pada Aseptic gel.

2. Aseptan

Aseptan adalah cairan antiseptik mengandung chlorhexidine gluconate 0.5% dan ethyl alkohol 70%. Produk ini sangat efektif untuk membunuh kuman gram negatif maupun gram positif serta mencegah infeksi. Selain itu antiseptik pembersih tangan tanpa bilas ini lembut di tangan karena mengandung emolien.

Aseptan sangat efektif untuk membunuh mikroba: bakterisida, fungisida, tuberculocidal, dan enveloped virus (HBV,HCV,HIV,Rotavirus). Produk ini cocok digunakan di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, praktek dokter, sebelum atau sesudah tindakan terhadap pasien.

Produk ini sering digunakan dan ditemukan sebagai fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu infection control solution yang simple dan murah. Komposisi aseptan ini adalah Ethyl Alcohol 70%, Chlorhexidine Gluconate 0,5% b/v (setara dengan 2,5 % v/v), Deionize Water, Emollient, Fragrance and Colour. Setelah memakai cairan ini tidak boleh memegang makanan secara langsung (tunggu 10-15 menit) karena mengandung Chlorhexidine yang berbahaya.

3. Alkohol

Onemed juga memproduksi antiseptik paling tua yakni Alkohol. Dengan kandungan alkohol 70% dari onemed mampu membunuh kuman seketika. Kualitasnya sudah food grade dan memiliki kandungan pengotor yang sangat rendah. Penggunaan produk ini bisa untuk semua kalangan dari bayi hingga lanjut usia.

Alkohol dari Onemed ini kemasannya pun dirancang khusus. Botol tebal dari plastik yang tidak transparan. Bertujuan untuk mengurangi cahaya masuk agar alkohol tidak menguap sehingga konsentrasi alkohol stabil dan tetap efektif saat digunakan.

4. Onescrub Onemed

Onescrub Onemed bisa juga disebut dengan Antiseptic Surgical Scrub. Antiseptik merupakan cairan pembersih kulit kepala, badan, dan rambut, yang lembut di kulit. Digunakan sebagai anti mikroba baik gram negatif maupun positif. Sabun untuk mandi juga shampoo dengan scrub mengandung chlorhexidine gluconate 2% b/v. Produk ini biasa digunakan untuk mandi dan keramas pasien sebelum dan sesudah operasi.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang antiseptik Onemed yang banyak memiliki fungsi untuk kesehatan dan kebersihan. Dengan menjaga kebersihan diri menggunakan antiseptik dari Onemed, tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Rajin-rajinlah mensterilkan tangan dan mandi sehari dua kali. Sebab dengan tangan yang terjaga kebersihannya maka tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit.