Keunggulan Absensi Kehadiran Digital untuk Perusahaan

kelebihan sistem absensi kehadiran digital

Dalam sebuah perusahaan, absensi kehadiran memiliki peran sangat penting. Oleh karena itu, semakin baik sistem yang digunakan akan menghasilkan kinerja jauh lebih baik. Saat ini, absensi digital sudah marak digunakan karena lebih praktis dan efisien.

Penggunaan mesin absen digital akan menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, data-data kehadiran karyawan juga akan tersimpan dengan lebih aman. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa keunggulan apabila perusahaan menggunakan alat presensi digital.

Keunggulan Menggunakan Absensi Kehadiran Digital

kelebihan sistem absensi kehadiran digital

Setidaknya ada empat kelebihan apabila menggunakan absensi kehadiran digital bagi sebuah perusahaan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Data kehadiran tersimpan dengan aman

Kelebihan yang pertama adalah tentang keamanan data yang tersimpan. Seperti kita ketahui, absensi manual memiliki kekurangan terkait keamanannya. Bahkan, besar kemungkinan data kehadiran tersebut hilang atau rusak karena alasan tertentu seperti terkena air atau sebagainya.

Lain halnya dengan sistem digital. Seluruh informasi terkait kehadiran mulai dari nama hingga waktu kedatangan tercatat dengan baik. Data juga tersimpan secara digital sehingga jauh lebih aman, bahkan ketika diunggah di media penyimpanan cloud.

2. Fleksibilitas tinggi

Seiring berkembangnya teknologi, fitur yang dihadirkan oleh alat absen kehadiran digital juga semakin maju. Perangkat sudah bisa dipasang di berbagai tempat. Bahkan, tidak sedikit yang telah mengusung sistem online sehingga karyawan bisa menggunakan gawai masing-masing.

Hal ini sangat membantu terutama ketika berada di situasi tertentu seperti pandemi beberapa waktu silam. Karyawan yang bekerja di rumah tentu juga harus menyetorkan data kehadiran dan kurang efektif apabila diharuskan datang ke kantor.

3. Hemat biaya dan waktu

Keunggulan yang tidak kalah penting adalah mampu menghemat biaya dan waktu. Penggunaan alat digital hanya akan membutuhkan satu kali pembelian saja. Tentu saja kasus tersebut berbeda jika masih menggunakan sistem manual karena membutuhkan kertas cukup banyak dan meningkatkan pengeluaran.

Selanjutnya, dari segi waktu juga sangat membantu karena tidak membutuhkan petugas dalam melakukan rekapan. Semua laporan akan diperoleh dalam bentuk digital dan dapat langsung terintegrasi dengan perangkat seperti PC atau laptop.

4. Pencatatan lebih akurat

Berkaitan dengan poin kedua, pencatatan data yang didapatkan memang akan lebih akurat. Dengan demikian, bagian HR akan jauh lebih mudah untuk memantau kehadiran karyawan. Data ini sangat penting guna melihat seberapa disiplin setiap karyawan dalam kehadiran.

Dari penjelasan di atas, bukan tidak mungkin sistem digital akan menjadi pilihan utama setiap perusahaan untuk menghemat biaya operasional. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah memilih penyedia mesin absensi berkualitas.

Verihubs bisa menjadi alternatif pilihan tepat sebagai penyedia solusi keamanan bisnis lebih baik. Terdapat berbagai macam produk unggulan bisa dipilih seperti verifikasi nomor ponsel, identity verification, biometric verification, dan juga business verification.

Anda mungkin juga suka...